Operasi Ramadhaniya Semeru Diperkuat 20.118 Personil Gabungan

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 16 Juni 2017 | 08:26 WIB - Redaktur: Kusnadi - 447


Surabaya, InfoPublik – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Polda Jatim akan menggelar operasi Ramadhaniya. Giat operasi pengamanan lebaran  ini,  aparat keamanan Jawa Timur mengerahkan 20.118 personil  dengan rincian  940 anggota Polda Jatim, 11.693 Polres jajaran, 1.450 TNI, dan 6.035 Instansi  samping.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud  Arifin didampingi  Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Suhardi dan Kasgartap III Surabaya Brigjen  TNI Widodo Dwi Purwanto memimpin sekaligus buka rakor Ops Ramadhaniya Semeru 2017 yang diikuti oleh Pejabat Utama Polda Jatim.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Rupatama Polda Jatim, Kamis (15/6), Kapolda menekankan Polri agar lebih bersinergi dengan instansi terkait dalam rangka pengamanan Lebaran.

Ia juga menekankan agar Kapolres jajaran turut serta mengerahkan anggotanya guna menjaga kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas) selama hari raya.

“Ini agar arus mudik dan arus balik berjalan dengan aman dan lancar,” tegasnya.

Sementara di Jawa Timur terdapat 227 Pos Pam (pengamanan) arus mudik dan balik. Meski aparat keamanan sudah siap melakukan pengamanan masyarakat yang merayakan Lebaran sekaligus mudik.

Namun, masyarakat yang mudik diimbau diantaranya untuk tetap patuh terhadap peraturan lalu lintas seperti jangan kebut-kebutan saat berkendara, periksa perlengkapan surat surat dan kendaraan benar-benar harus siap.

Di sisi lain, pengemudi angkutan umum juga  tidak ngetem (seperti terminal bayangan) atau parkir kendaraannya seenaknya  untuk menungu atau mencari penumpang.

Operasi yang mengedepankan fungsi lalu lintas ini, juga akan bertindak tegas terhadap penggguna jalan yang tidak patuh  atau tidak sopan berlalulintas. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/Kus)