Pelabuhan Domestik Sekupang Dioperasikan

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 15 Juni 2017 | 09:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 417


Batam, InfoPublik-Pelabuhan Domestik Sekupang mulai digunakan setelah direnovasi secara total. Untuk tahap pertama hanya untuk keberangkatan penumpang. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik menghadapi hari raya Idul Fitri.

"Ya, untuk antisipasi lonjakan penumpang, akan kita berlakukan gedung baru tapi hanya khusus keberangkatan para penumpang saja," ujar Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang Deni Setiawan,  ketika meninjau gedung baru Pelabuhan Domestik Sekupang, Rabu (14/6).

Ia juga mengatakan, nantinya gedung baru yang diberlakukan itu hanya lantai dasar saja. Namun yang dilantai II belum bisa digunakan. Bahkan teknis persiapan seperti fasilitas kursi yang dipelabuhan lama akan dipindahkan ke gedung baru, bila masih kurang akan ditambahi hingga bisa menampung penumpang sebanyak 1000 orang.

Lanjutnya lagi, akan tetapi jalur untuk kedatangan masih pelabuhan lama. Tak hanya itu, katanya lagi, untuk penjual tiket pun masih tetap di tempat lama. "Untuk teknisnya hari ini semua kursi akan kita pindahkan dan akan kita tambah hingga muat 1000 penumpang. Tapi untuk tempat penjualan tiket masih di tempat yang lama,"ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk teknis pengaturan masalah parkir akan dibatasi hingga 15 unit mobil taksi sekali masuk. Sedangkan taksi lainnya harus menunggu di luar. Kemudian untuk taksi liar tak bisa masuk. Kedepan pengamanan pelabuhan dibantu oleh TNI dan Polri.

Selain untuk pelabuhan baru ini, ponton A dan ponton B juga akan tetap diberlakukan sebelum jam 9 pagi. Namun untuk ponton B digunakan untuk jadwal kedatangan. Kemudian tak bisa lagi. Dikatakan dia lagi, tempat parkir di pelabuhan ini dikenakan biaya Rp 2000 ribu untuk pengguna mobil, sedangkan untuk sepeda motor juga dikenakan biaya Rp1000 ribu. (MC.Batam/HK/Eyv)