Pemerintah Provinsi Riau Bersama KPK RI Gelar Training Partisipasi Publik dalam Pencegahan Korupsi

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 15 Juni 2017 | 11:45 WIB - Redaktur: Kusnadi - 152


Pekanbaru, InfoPublik -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) bersama Pemerintah Provinsi Riau menggelar Training Partisipasi Publik dalam pencegahan korupsi di Provinsi Riau Tahun 2017 di Hotel Alpha Pekanbaru, rabu (14/6).

Hadir dalam Acara tersebut Sekretaris daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Tim dari  Koordinasi, Supervisi dan Pecegahan (Kosupgah)  KPK RI, Junaidi, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Yogi Getri, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Prrovinsi Riau.

Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad hijazi dalam sambutannya mengatakan bahwa Korupsi merupakan persoalan yang akut yang sulit untuk diberanstas, pencegahan korupsi bukan semata menjadi tanggung jawab dari penyelenggara negara semata, akan tetapi diperlukan peran masyarakat.

"Korupsi merupakan persoalan yang akut yang sulit untuk diberanstas khususnya di dalam tubuh pemerinahan negara, dimana seharusnya pemerintahan yang baik merupakan pemerintahan yang bersih dari aparatur birokrasi yang terbebas dari korupsi, dan ini tugas kita bersaama dalam upaya pencegahan korupsi," ungkap Ahmad Hijazi.

Lebih lanjut Ahamd hijazi mengatakan, prinsip keterbukaan di negara demokrasi ini memberikan hak kepada masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur tidak diskriminatif mengenai pencegahan tindak pidana korupsi, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam memberikan pengawasan dan pengendalian dengan kontrol sosial di masyarakat.

"Masyarakat tidak hanya dijadikan objek penyelenggara negara tetapi harus dilibatkan menjadi subjek karena itulah yang menandai partisipasi di dalam masyarakat dalam pengendalian sosial," tambahnya.

Ahmad Hijazi berharap, dengan adanya training partisipasi publik dalam pencegahan korupsi di Provinsi Riau ini, pemerintah, komunitas anti korupsi serta masyarakat lebih aktif, konsumtif serta partisipasif dalam upaya peningkatan tugas pencegahan tindak pidana korupsi.

Hadir dalam Training Partisipasi Publik dalam pencegahan korupsi di Provinsi Riau tersebut tim dari  Koordinasi, Supervisi dan Pecegahan (Kosupgah)  KPK RI, Junaidi, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Yogi Getri, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman, Kepala OPD Dilingkunagn Pemerintah Provinsi Riau.(MC Riau/Msa/Kus)