Polair Akan Periksa Alat Keselamatan Penumpang Kapal Laut

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 8 Juni 2017 | 16:33 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Batam, InfoPublik - Polair Polda Kepri akan melakukan pemeriksaan terhadap kapal laut yang akan mengangkut penumpang mudik lebaran, terutama untuk alat keselamatannya.

"Rencana H-7 kami akan inspeksi ke kapal penumpang antar kota maupun antar provinsi. Karena nantinya jalur perairan akan padat dipenuhi kapal-kapal lalu lalang," ujar Kasubdit Satuan Patroli Daerah (Satroda) Polair Polda Kepri AKBP Danu Waspodo Kamis (8/6).

Pengecekan nantinya pada kesiapan kapal, kondisi kapal, kelayakan kapal, navigasi, peralatan keamanan life jaket, kelayakan mesin. Karena hal itu sangat penting bagi kenyamanan para penumpang.

Diharapkan kepada para oprator atau pengusaha tetap mematuhi peraturan dan menyediakan alat keselamatan yang lengkap di kapal.

"Alat-alat keselamatan sangat penting, jadi para oprator harus melengkapi. Tidak terkecuali untuk kapal speed boad antar pulau juga harus menyediakan life jaket," ujarnya.

Nantinya selama mudik lebaran akan disiagakan kapal yang akan memantau arus mudik sebanyak 2 untuk wilayah Batam, sementara kabupaten yang lain di Kepri juga disediakan 1 kapal.

"Setiap daerah ada 1 kapal yang siaga 24 jam hingga akhir mudik lebaran. Kami juga berkerja sama dengan tim SAR untuk mengantisipasi adanya kecelakaan laut," pungkasnya.(BT/toeb)