Sanitasi Layak Balangan 67,44 Persen

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Kamis, 8 Juni 2017 | 08:12 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 438


Paringin, InfoPublik-Bupati Balangan secara langsung membuka acara kick off meeting Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPPSP) Kabupaten Balangan tahun 2017, Rabu (7/6) di Kantor Bupati Balangan.

Kick off meeting ini sendiri, merupakan pelaksanaan tahap II dalam PPPSP, pelaksanaannya dimulai tahun 2017 sampai 2019 mendatang dengan target, implementasi pembangunan sanitasi dalam pencapaian universalaccess 2019.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, prioritas utama pembangunan pemeritah daerah kedepannya adalah pengembangan sumber daya manusia, yakni pada sisi kualitasnya.

Salah satu jalur utama yang ditempuh, kata Ansharuddin, lewat yakni pembangunan pendidikan dan kesehatan. Jadi dapat dilihat, bahwa pembangunan sanitasi dan pendukungnya memiliki kaitan yang sangat erat dengan visi dan prioritas pembangunan.

“Pembangunan sanitasi sendiri secara luas adalah pembangunan infrastruktur, sarana atau fasilitas fisik lainnya yang menunjang atau memfasilitasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan pola hidup sehat,’’ bebernya.

Namun selain itu, lanjut Anshar, infrastuktur dan fasilitas fisik yang memadai, pembangunan sanitasi juga harus  diupayakan dengan sungguh-sungguh agar terwujud juga dalam bentuk perilaku, baik dalam skala individu maupun kolektif masyarakat.

“Jangan kita menghabiskan anggaran untuk pembangunan fisik, tetapi masyarakat, dan terutama kita sebagai aparatur negara, membiarkannya tidak berfungsi optimal,’’ tegasnya.

Sedangkan berdasarkan persentasi Pokja AMPL Provinsi Kalsel yang disampaikan pada acara tersebut, status capaian sanitasi layak Balangan masih sangat rendah yakni 67,44 % dimana target Exercies

Target 2019 mendatang adalah sebesar 81,87%. Angka sanitasi layak ini, jauh lebih bagus jika dibanding dengan angka akses dasar yang hanya 3,16% padahal target exercise tahun 2019 mendatang harus mencapai angka 18,31%. (mc balangan/sugi/eyv)