1,440 Ton Beras Cadangan Pangan Pemkab Balangan Disalurkan

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Rabu, 7 Juni 2017 | 20:51 WIB - Redaktur: Tobari - 445


Paringin, InfoPublik - Sebanyak 1,440 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) milik Pemkab Balangan di bawah Badan Ketahanan Pangan setempat, disalurkan kepada 90 kepala keluarga warga Desa Transmigrasi Lajar Pupuyuan Kecamatan Lampihong.

Dipilihnya warga Desa Transmigrasi Lajar Pupuyuan, tidak terlepas dari kondisi musibah banjir yang melanda daerah tersebut dan juga status desa yang merupakan desa rawan pangan.

Penyerahan pangan (beras) khusus penanggulangan bencana ini, dilakukan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin didampingi oleh beberapa kepala dinas terkait seperti, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, di balai desa setempat, Rabu (7/6).

Bupati Balangan mengungkapkan, musibah banjir ini merupakan ketentuan dan cobaan dari yang maha kuasa. Namun harus disadari juga, bahwa hal ini di samping musibah dan cobaan dari Allah swt, juga adanya perubahan cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu.

Adanya musibah ini,kata Anshar, kiranya masyarakat yang mata pencahariannya sebagian besar adalah mengandalkan sektor pertanian maupun perkebunan, sudah barang tentu tidak dapat memanen hasil dari lahan yang mereka garap.

“Atas dasar inilah kami pemerintah menyerahkan bantuan beras ini secara langsung. Ini untuk memastikan beras yang dibagikan ini tepat sasaran sesuai dengan data yang ada,’’ ungkapnya.

Lewat pembagian beras ini, dirinya berharap, dapat mengurangi beban yang menimpa warga desa yang terkena musibah, dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan juga dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini.

“Warga masyarakat harus terus waspada terhadap berbagai bencana dan musibah yang melanda di daerah kita, yang bisa terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi kapan datangnya musibah tersebut. dan saya harapkan pihak-pihak terkait agar cepat tanggap terhadap hal-hal yang seperti ini,” katanya.(mc balangan/sugi/toeb)