Sekda Bone Bolango Launching Gerakan ASN Sadar Baca

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 5 Juni 2017 | 21:25 WIB - Redaktur: Tobari - 363


Bone Bolango, InfoPublik – Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma resmi melaunching gerakan ASN sadar baca (gemar baca) melalui koridor baca di lingkungan Pemkab Bone Bolango dengan meminjamkan buku bacaan kepada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lapangan futsal kompleks kantor Bupati, Senin (5/6)..

Kelima OPD itu adalah Bappeda-Litbang, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK), dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap gerakan ASN Sadar Baca melalui koridor baca di lingkungan pemerintah Kabupaten Bone Bolango, yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bone Bolango.

Untuk itu, Sekda Ishak Ntoma berharap buku-buku bacaan yang dipinjamkan oleh DPK Bone Bolango lewat gerakan ASN Sadar Baca, bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh lima OPD yang menjadi pilot projek daripada gerakan tersebut.

”Saya harapkan buku yang dipinjamkan oleh DPK ini dijaga dan diamankan dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya dijaga, diamankan, dan disimpan di lemari, tapi untuk dibaca. Luangkan dan manfaatkan waktu 14 menit anda untuk membaca buku-buku tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPK Bone Bolango Oktavianus Rahman menjelaskan bahwa lima OPD yang menjadi pilot projek daripada gerakan ASN Sadar Baca adalah OPD yang telah melakukan MoU dengan DPK dan siap untuk menyediakan koridor baca.

Menurutnya, dari DPK sendiri, itu menyiapkan buku untuk dipinjamkan sebanyak 50 eksemplar setiap OPD yang akan disirkulasi setelah 3 bulan diganti dengan buku bacaan yang baru atau 4 kali dalam setahun.

Kegiatan ini, tambah Oktavianus dilakukan guna menumbuh kembangkan minat baca ASN yang mana sesuai data pada perpustakaan tahun 2016 dari 2.905 kunjungan ke layanan perpustakaan dari kalangan ASN hanya sejumlah 74 pengunjung atau 2.11%.

Sehingga dengan meningkatnya minat baca ASN diharapkan dalam pelaksanaan peran tugas dan fungsi dapat selaras sesuai arah kebijakan pemerintah. Selain itu, meningkatnya wawasan ASN salah satunya bisa didapat dengan membaca buku-buku pengetahuan terutama peraturan perundangan-undangan. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir/toeb)