Tanahdatar, InfoPublik - Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Datuak Intan Bano berjanji akan terus memberikan dukungan terhadap pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Tanahdatar.

Komitmen itu disampaikan Arkadius di Masjid Nurul Huda Jorong Padang Datar Nagari Pagaruyung, saat memimpin tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ke daerah tersebut, Kamis (1/6) malam.

Dia meminta, masyarakat dan pemerintah kabupaten Tanahdatar selalu membangun komunikasi dengan pemerintah provinsi terkait kebutuhan pembangunan di daerah itu.

"Beberapa proyek pembangunan sudah masuk ke Tanahdatar seperti proyek irigasi senilai sekitar Rp1,25 miliar dan pembangunan jalan senilai Rp300 juta. Kami meminta masyarakat dan pemerintah menyampaikan aspirasi dan terus membangun komunikasi sehingga kami bisa mengetahui pembangunan yang dibutuhkan," kata Arkadius.

Arkadius dalam kesempatan itu didampingi oleh pejabat dari jajaran Pemprov Sumatera Barat, antara lain Kepala Dinas Pariwisata, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan dan lainnya. Dari Pemkab Tanahdatar sendiri hadir beberapa orang pejabat setempat seperti Sekdakab, Kapolres dan anggota DPRD kabupaten serta dari Dinas Pekerjaan Umum.

Membuka sesi diskusi usai shalat tarawih, masyarakat meminta dinas terkait juga memperhatikan potensi pariwisata kultural yang dimiliki Tanahdatar, khususnya Nagari Pagaruyung. Keinginan tersebut disambut oleh Arkadius yang menyatakan keinginan yang sama.

"Tanahdatar memiliki potensi yang besar sebagai tujuan wisata budaya karena Pagaruyung merupakan pusat kebudayaan Minangkabau. Potensi ini tentu sangat penting untuk diperhatikan," tegasnya.

Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumatera Barat dalam kesempatan itu menyerahkan bantuan secara simbolis sebesar Rp20 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Huda Padang Datar. Bantuan tersebut diharapkan dapat menunjang aktifitas beribadah masyarakat melalui pembangunan sarana prasarana peribadatan. (MC Sumbar/dprd/toeb)