Kemenpar: Forum Solo Raya Bahas Intensif Pariwisata Solo

:


Oleh Untung S, Jumat, 2 Juni 2017 | 16:02 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 690


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan membentuk Forum Solo Raya yang akan membahas secara intensif pengembangan pariwisata di Solo.

"Kami bersyukur pasca acara ini akan segera terbentuk Forum Solo Raya yang anggotanya terdiri dari anggota DPR, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten, komunitas, serta pelaku pariwisata yang ada di Solo," ujar Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana, di Jakarta, Jum’at (2/6).

Forum tersebut merupakan hasil dari Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Asia Tenggara (Asteng) di Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, 31 Mei-1Juni 2017.

Dalam Bimtek kali ini, terang Pitana, untuk memberikan perspektif dan arah yang sama tentang program promosi Pariwisata Indonesia di wilayah Asia Tenggara yang melibatkan sinkronisasi dari berbagai lembaga yang ada di Jawa Tengah. Selain itu juga untuk memahami potensi destinasi-destinasi wisata di Jawa Tengah bagi pangsa pasar Asia Tenggara.

"Juga untuk memahami mekanisme promosi pariwisata Indonesia melalui sosial media, meningkatkan efektivitas partisipasi Dinas Pariwisata pada penyelenggaraan event di Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara dan memahami pengembangan destinasi dan atraksi yang layak jual di pasar Asia Tenggara," terang Pitana.

Di saat yang sama, Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizki Handayani menambahkan, materi Bimtek yang diberikan antara lain sinkronisasi antar lembaga dalam promosi pariwisata Indonesia di  wilayah Asia Tenggara, pemahaman destinasi dan atraksi yang layak jual di wilayah Asia Tenggara, dan optimalisasi program dan kebijakan Kemenpar melalui strategi PR-ing Biro Hukum dan Komunikasi Publik.

"Peserta mencapai 50 orang yang datang dari Instansi/Dinas pariwisata di Kabupaten Karanganyar dan Kota Surakarta pada Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Pariwisata, asosiasi PHRI dan ASITA Provinsi Jawa Tengah dan industri pariwisata Jawa Tengah. Juga ada perwakilan dari beberapa komunitas," papar Rizki.

Seperti diketahui, forum ini nantinya akan menyatukan visi dan misi serta pemahaman mitra tentang kegiatan promosi luar negeri terutama Asia Tenggara. "Segera forum ini akan dibentuk dan action," tambah Rizki Handayani.