Evakuasi Sriwijaya Air yang Keluar Landasan, Bandara Rendani Manokwari Ditutup Sementara

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 31 Mei 2017 | 15:12 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Jakarta, InfoPublik - Bandara Rendani Manokwari Papua pada hari ini, Rabu (31/5) ditutup sementara dari aktifitas penerbangan hingga pukul 18.00 WIT. Hal ini diperlukan untuk evakuasi pesawat Boeing B737-300 milik maskapai Sriwijaya Air yang keluar landasan (overrun) saat mendarat di bandara tersebut pagi tadi sekitar pukul 09.10 WIT.

"Bandara kami tutup sementara, penutupan tersebut untuk memberikan kesempatan pada petugas dan Tim KNKT dalam proses evakuasi pesawat ke tempat yang lebih aman dan tidak mengganggu operasional penerbangan. Kami sudah menerbitkan Notam untuk hal tersebut," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno, Rabu (31/5).

Menurut Pramintohadi, saat ini pihak bandara dan pihak-pihak terkait sedang melakukan proses evakuasi pesawat tersebut dan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara segera lakukan investigasi untuk mengambil langkah koreksi (corrective action). Selanjutnya Tim KNKT akan lakukan investigasi untuk menemukan penyebab kecelakaan.

"Terkait hal tersebut, kami menghimbau kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan antisipasi dan melakukan pelayanan kepada penumpang yang terdampak delay dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan yang berlaku," katanya. 

Dari data laporan sementara, pada pukul 00.10 UTC (09.10 WIT) pesawat Boeing B737-300 registrasi PK-CJC dengan Flight Number SJ 570 milik Sriwijaya Air mengalami overrun saat mendarat di Bandara Rendani, Manokwari.

Pesawat dengan rute Sorong-Manokwari (SOQ-MKW) yang diawaki Pilot in Command (PIC) Capt. Dedi Herdiansyah, Co-pilot (FO) Tonny Febrianto dan cabin crew adalah Ayu Wandira, Dwi Puspasari, Brigita dan Helbrima tersebut mengalami overrun pada saat mendarat (landing) dalam kondisi hujan.

Pada saat kejadian, hembusan angin terpantau kalem, jarak pandang 6 km, namun runway basah karena hujan. Pesawat dilaporkan mendarat (landing) normal namun kemudian meluncur ke luar runway.

Pesawat membawa penumpang yang berjumlah 146 orang terdiri dari 139 dewasa, 4 anak-anak dan 3 bayi. Semua kru dan penumpang dilaporkan selamat.