Setiap Bulan Ditemukan 10 Kasus Baru HIV di Merauke

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Selasa, 30 Mei 2017 | 13:18 WIB - Redaktur: Tobari - 362


Merauke, InfoPublik - Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi (PKR) Inge Silvia menyebutkan, penyebaran penyakit HIV-AIDS di Kabupaten Merauke, Papua, terus merangkak naik, jumlah penderita HIV-AIDS selama 25 tahun terakhir mencapai 1.996 orang.

Merauke berada pada urutan kelima penderita HIV-AIDS terbanyak di Provinsi Papua. Kondisi itu tentu mengharuskan semua pihak bekerja maksimal, bersama-sama menekan penyebaran virus mematikan itu.

Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi (PKR) Inge Silvia menyebutkan, ada 8 sampai 10 orang penderita HIV baru dalam setiap bulannya. “Itu artinya dalam setahun rata-rata ada penambahan 100-120 kasus HIV baru,” ungkapnya dalam refleksi 25 tahun HIV/ADIS di Merauke, Selasa (23/5). 

Dijelaskan, persentase kasus HIV-AIDS diketahui terjadi peningkatan bukan hanya pada kelompok beresiko, melainkan telah merambah dan menyasar kalangan ibu rumah tangga hingga pelajar dan remaja usia produktif.

“Bisa  karena memang minimnya informasi yang mereka ketahui dan kurangnya kepedulian dari masyarakat maupun lintas sektoral,” katanya. 

Inge Sivia menambahkan, dari temuan-temuan tersebut jika tidak segera dilakukan upaya penanggulangan dan pencegahan, dipastikan penyebarannya bakal lebih cepat.

Selain meningkatkan sosialisasi informasi tentang bahaya HIV/AIDS dan pencegahannya, upaya lain dengan memperluas cakupan Voluntary Counseling Test  (VCT) bagi masyarakat.

“Ini suka rela, namun kita mengajak warga rela diperiksa untuk mengetahui status kesehatannya, bila diketahui ada yang terinveksi akan lebih mudah penanganannya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Merauke Tuban Sriyono menyebut, program pertemuan tahunan bersama mitra penting dilakukan. Tujuannya, mendapat masukan berbagai masalah yang ditemui dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Merauke. (McMrk/05/Abd/toeb)