Pemkot Banda Aceh Awali Safari Ramadhan di Masjid Al-Makmur

:


Oleh MC Kota Banda Aceh, Selasa, 30 Mei 2017 | 15:03 WIB - Redaktur: Tobari - 438


Banda Aceh, InfoPublik – Pemerintah Kota Banda Aceh memulai safari Ramadhan di Masjid Agung Al-Makmur, Lampriet, Senin (29/5) malam. Tim Safari ini dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin.

Pada kesempatan itu, Pemkot Banda Aceh menyerahkan bantuan kemakmuran masjid sebesar Rp20 juta, yang diserahkan langsung oleh Zainal Arifin dan diterima oleh Wakil Ketua Pengurus Masjid Al-Makmur Abu Bakar Usman.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh ribuan jamaah yang memadati masjid agung tersebut setelah pelaksanaan salat Isya.

Setelah penyerahan bantuan tersebut, Tgk H A Karim Syech memberikan tausiah singkat sebelum pelaksaan salat Tarawih dan Witir. Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan bagi orang berpuasa diwajibkan untuk mengetahui syarat dan rukun, serta apa-apa saja yang dapat membatalkan pelaksanaan ibadah puasa.

“Asshiyam menurut bahasa adalah menahan diri. Menurut istilah adalah menahan diri daripada makan, minum, dan jimak, serta segala hal yang bisa membatalkan puasa dari semenjak fajar hingga matahari terbenam,” ujar A Karim Syech yang juga menjabat sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh.

A Karim Syech mengapresiasi pelaksaan puasa tahun ini dilaksanakan secara serentak antara dua ormas besar Islam Indonesia, yaitu Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, yang biasanya selalu berbeda dalam tahun-tahun sebelumnya dalam menentukan 1 Ramadan dan Idul Fitri.

Ia mengharapkan hal seperti ini terus berlangsung ke depan karena dapat menjadikan umat Islam semakin kuat.

Dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 103, Allah menyuruh umat Islam untuk menjalin persatuan dan dilarang bercerai-berai atau berselisih. “Kenapa Allah menyuruh begitu? Karena persatuan akan menjadikan kita lebih kuat,” kata Karim Syech.

Selama ini karena faktor popularitas kita berselisih, walaupun tahu itu diharamkan. Semoga persatuan seperti ini terus berlanjut dan diikuti oleh ormas-ormas Islam lainnya, katanya menambahkan.

Selanjutnya Tim Safari Ramadan Pemkot Banda Aceh akan mengunjungi masjid-masjid lainnya di Kota Banda Aceh. Total keseluruhan ada sepuluh masjid yang akan dikunjungi dengan menyertakan penceramah dan juga penyerahkan bantuan kemakmuran masjid. (MC Banda Aceh/toeb)