Kontruksi Tol Gempol-Pasuruan Selesai Awal Juni 2017 Digunakan Lebaran

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 29 Mei 2017 | 16:46 WIB - Redaktur: Tobari - 323


Surabaya, InfoPublik - PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan terus percepatan pembangunan ruas tol Gempol Pasuruan, terutama di ruas tol Gempol-Bangil yang sempat terkendala beberapa bidang tanah karena tidak bisa dibebaskan, sekarang mulai dilakukan pembangunan.

Sekarang sedang kami lakukan percepatan dalam pengerjaan kontruksinya agar bisa digunakan Lebaran nanti, dan saat ini sudah berjalan 80%.

“Bahkan, kami juga tambah pekerja di lapangan dan jam kerjanya. Kami sampai lembur hingga malam hari," ujar Project Manager PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan, Rudy Hardiansyah, saat dikonfirmasi, Senin (29/5).

Dikatakannya, langkah percepatan ini juga menuai sejumlah kendala di antarannya ada beberapa titik yang warganya menolak adanya pengerjaan proyek tol ini di malam hari. Alasannya, karena aktivitas itu dinilai mengganggu jam istirahat warga.

"Selain itu, kami juga terkendala dengan cuaca. Beberapa hari terakhir, cuacanya sedang cerah. Mudah-mudahan tidak ada hujan, agar percepatan pengerjaan ini bisa maksimal," katanya.

Meski demikian, pihaknya optimis bahwa pada 4 Juni mendatang, semua pengerjaan sudah selesai. Mulai pengerjaan kontruksi bangunan, pemasangan rambu, dan sebagainya. "Kami yakin 4 Juni mendatang, semua kontruksi beton sudah terpasang. Jalur itu sudah bisa dilalui dengan baik," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah semuanya siap pihaknya akan mengajukan uji kelayakan ke BPJT. Dalam uji kelayakan itu, BPJT akan menilai kekuatan jalan tersebut. Penilaian itu juga meliputi terhadap fasilitas di jalan tol apa sudah layak atau belum.

"Uji kelayakan itu kami targetkan selesai dua minggu. Jadi seminggu sebelum lebaran , jalan tol sepanjang 16,9 km ini sudah bisa dilalui dan memenuhi standar kelayakan. Kami tetap mengutamakan standar kelayakan meski proyek ini dikerjakan dengan cepat," ungkapnya.

Seperti diketahui, Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 37,15 km, terdiri dari tiga seksi, yakni seksi 1 Gempol-Rembang sepanjang 16,9 km, seksi 2 Rembang-Pasuruan sepanjang 8,1 km dan seksi 3 Pasuruan-Grati, sepanjang 12,15 km.

Untuk seksi 1 Gempol-Rembang terdiri dari seksi 1A Gempol-Bangil dan seksi 1B Bangil-Rembang, yang diresmikan dan beroperasi sebulan lalu. Sedangkan untuk seksi 1A Gempol-Bangil, pembangunannya terhambat pembebasan lahan. Namun, saat ini semuanya sudah bisa dibebaskan dan sudah tidak ada kendala lahan.

Selain tol Gempol-Pasuruan, di Kabupaten Pasuruan juga dibangun tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,3 kilometer (km) dan tol Pandaan-Malang sepanjang 37,62 km. Kedua tol itu tengah dikerjakan bersamaan dengan pengkonstruksian sudah mencapai 20 persen.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-pca/toeb)