Banjarmasin, InfroPublik - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelatihan dasar sumber daya manusia (SDM) Kepariwsataan bagi masyarakat di Nasa Hotel, Banjarmasin, Kamis (25/5).

Plt. Kepala Dinas Pariwista Provinsi Kalsel Mahyuni mengatakan Gubernur Kalsel berkeinginan untuk menjadikan Kalsel sebagai destinasi wisata nasional dengan mengembangkan daya saing ekonomi daerah berdasarkan potensi SDM lokal, dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Dirinya menerangkan, Kalsel memiliki duta pariwisata yang dikenal dengan sebutan Nanang Galuh yang berperan untuk mempromosikan destinasi wisata di kalsel. "Selain mempromosikan di nusantara, Nanag Galuh juga berperan mempromosikan hingga mancanegara," tuturnya.

Mahyuni juga mengukapkan dari hasil sensus ekonomi yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel, belum lama ini, diketahui sebanyak 5.000 orang yang mendarat di Kota Banjarmasin, namum hanya 9% saja yang berniat untuk berwisata.

Keberhasilan pariwisata akan sangat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, lebih dari 83.000 sektor usaha di Kalsel yang bergerak pada bidang pelayanan akomodasi  dan pelayanan makan dan minum mulai dari tingkat rendah hingga tingkat tinggi.

“Seperti warung-warung di pinggir jalan hingga rumah makan atau restoran akan terkena imbasnya jika sektor pariwisata di Kalsel dikembangkan,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan pelatihan ini, masyarakat dengan memanfaatkan media sosial dapat mempercepat penyebarluasan informasi terkait dengan destinasi wisata di Kalsel, sehingga dapat memajukan sektor wisata di Kalsel yang nantinya juga akan berimbas pada sektor-sektor usaha lainnya. (MC Kalsel/Jml/toeb)