Zulkifli : Puasa Menahan Diri Dari Korupsi dan Menyebar Berita Hoax

:


Oleh Wandi, Minggu, 28 Mei 2017 | 09:58 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 405


Jakarta, InfoPublik - Rutinitas dan tradisi Ketua MPR, Zulkifli Hasan, saat berpuasa tak jauh berbeda dari umumnya. Ia biasa berbuka bersama dan tarawih.

Tapi terkait puasa, ia memberikan catatan. "Puasa itu kan intinya begini, puasa makan nasi boleh, minum boleh," kata Zulkifli di Gedung DPR, Jakarta, Sabtu (27/5).

Ia mengatakan dengan berpuasa maka dilatih untuk menahan diri dari yang halal. Sehingga kalau yang halal saja bisa ditahan, maka apalagi yang lainnya seperti korupsi, maling, dan merampok. "Maling uang rakyat, proyek," kata Zulkifli.

Ia menyebutkan lagi sejumlah hal yang seharusnya bisa dihindari seperti korupsi, memfitnah orang, maupun hoax. Tak hanya soal menahan diri dari perbuatan tercela, berpuasa baginya juga mengandung unsur kesholehan sosial.

"Agar kita merasakan bagaimana rakyat kita. Uang masih banyak, yang miskin itu, yang masih melihat roti tak punya roti, mau melihat orang naik mobil, tak punya mobil. Melihat orang pakaian bagus, tak punya baju bagus. Itu terhadap kepekaan sosial," kata Zulkifli.