Arsip Tulang Punggung Manajemen Pemerintahan

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Jumat, 26 Mei 2017 | 19:01 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Paringin, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Balangan, melalui Dinas Kearsipan setempat, Rabu (24/5), melaksanakan sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), bertempat di aula Benteng Tundakan, Setdakab Balangan.

Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Pemkab Balangan Herman Asmuni, Kepala Dinas Kearsipan Mahyudi, dan perwakilan dari setiap SOPD lingkup Pemkab Balangan.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Pemkab Balangan, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Diungkapkannya, arsip merupakan tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan, serta sebagai bahan pertanggungjawaban kinerja organisasi, termasuk di dalamnya SOPD di lingkungan Pemkab Balangan.

”Oleh karena itu, seluruh komponen instansi, baik itu instansi pemerintah maupun pihak swasta, khususnya di lingkungan pemerintahan, harus benar-benar memperhatikan perihal arsip dan ketata-kelolaannya,” ujarnya.

Harapannya, kata Anshar, dengan sistem informasi kearsipan dinamis ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi peningkatan penyelenggaraan kearsipan, khususnya di lingkup Pemkab Balangan.

Kegiatan ini, disebutnya, baru merupakan awal suatu usaha pengembangan kearsipan. Keberhasilannya sangat ditentukan oleh langkah-langkah dengan kegiatan-kegiatan selanjutnya yang lebih berkesinambungan.

”Dan bagi dinas kearsipan yang baru dibentuk ini, saya berharap agar segera membuat regulasi untuk memayungi dalam pembinaan dan pengelolaan kearsipan, dalam mengoptimalisasi  aparatur daerah  untuk menciptakan good governance,” imbuhnya.(mc balangan/why/toeb)