ProGAS 2017 Sasar Siswa SD di 11 Kabupaten

:


Oleh Admin, Jumat, 26 Mei 2017 | 14:59 WIB - Redaktur: Juli - 602


Jakarta, InfoPublik -  Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) tahun 2017 diluncurkan dengan menyasar 100.000 siswa sekolah dasar (SD), peluncuran program ini dilakukan di SD Naskat Mathias 3 Langgur Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, Jumat (26/5).

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wowon Widaryat menyebutkan jumlah sasaran ProGAS tahun ini adalah siswa-siswi SD dari 563 sekolah di 11 kabupaten.

"11 kabupaten tersebut berada di lima provinsi yaitu Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua Barat, dan Papua," ujarnya, seperti yang disampaikan dalam siaran pers Kemendikbud.

Pemilihan lokasi sasaran ProGAS, menurut Wowon, didasarkan pada kategori daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), serta termasuk dalam kategori 1 dan 2 pada Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Indonesia. Peta tersebut diterbitkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dan Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP) pada tahun 2015.

ProGAS merupakan salah satu bentuk intervensi Kemendikbud untuk menjawab permasalahan banyaknya anak-anak sekolah yang tidak mendapatkan asupan sarapan yang memadai. "Kurangnya asupan sarapan itu berdampak pada status gizi buruk, konsentrasi belajar menurun, dan ketahanan fisik menurun. Akibatnya kualitas belajar anak menurun," kata Wowon Widaryat.

Sebelumnya di 2016 telah dilaksanakan ProGAS di empat kabupaten dan berdasarkan hasil evaluasi, terjadi peningkatan kualitas belajar dan fisik anak. ProGAS ini dilaksanakan di empat kabupaten/kota yaitu Kabupaten Belu, Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Tangerang.

"Hasil evaluasi tahun lalu menunjukkan tingkat kehadiran anak meningkat, konsentrasi belajar naik, dan berat badan anak meningkat," pungkasnya.