DPR Akan Membuat Buku Sejarah Kelembagaan

:


Oleh Tri Antoro, Jumat, 26 Mei 2017 | 15:37 WIB - Redaktur: Juli - 288


Jakarta, InfoPublik - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menginisasi pembuatan buku tentang sejarah lembaga perwakilan rakyat semenjak masa pra kemerdekaan hingga saat ini.

"Saya kira ini harus dituliskan sebagai bagian dari perjalanan bangsa, karena bangsa yang sudah memilih jalan berdemokrasi pasti harus ada parlemennya," ujar Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (26/5). 

Menurut dia, poin yang akan disampaikan dalam buku yang akan disusun tersebut terkait dengan fungsi dan tugas, kemudian pristiwa-peristiwa menonjol, dan tragedi besar di lembaga perwakilan, Fungsi dan tugas tentang pencapaian legislasi, dan apa saja yang diputuskan.

Demi menciptakan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan tugas legislatif dari masa ke masa semenjak dahulu. "Saya kira urgensi untuk membuat sejarah DPR, sehingga semuanya tercatat, tentu saja dengan akurat. Dibuat dengan ahlinya," kata Fadli.

Sejarah DPR, lanjut Fadli, terdapat beberapa fase antara lain penyusunan sejarahnya dari zaman pra kemerdekaan, zaman kemerdekaan ada Volksraad ada Chuo Sangi In, dan dilanjutkan zaman kemerdekaan ada masa tahun 1945-1949, masa demokrasi liberal, masa demokrasi terpimpin, masa orde baru, reformasi sampai sekarang.

Fadli berharap, sejarah yang akan disusun dapat dibuat secara komprehensif. Sehingga bisa menjadi rujukan bagi para peneliti tentang sejarah parlemen Indonesia.