BMKG Pantau Rukyat Hilal di 23 Titik

:


Oleh Admin, Jumat, 26 Mei 2017 | 11:03 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 696


Jakarta, InfoPublik - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau rukyat hilal di 23 titik di Tanah Air untuk melihat bulan guna memastikan masuknya bulan Ramadhan.

"Ada 23 lokasi yang akan di pantau BMKG untuk melihat rukyat hilal," kata Kepala Humas BMKG Hary T Djatmiko, melalui siaran persnya, Jumat (26/5).

Titik yang akan dipantau yaitu di Pulau Sumatera tepatnya di Lhoong Provinsi Aceh oleh Stasiun Geofisia Mata Ie, Medan Provinsi Sumatera Utara oleh Balai I BMKG, Padang Provinsi Sumatera Barat oleh Stasiun Geofisika Padang Panjang, Bengkulu oleh Stasiun Geofisika Kepahiang.

Di Pulau Jawa, pemantauan dilakukan di Pantai Anyer, Banten oleh Balai II dan Stasiun Geofisika Tangerang, Tanjung Pasir - Tangerang, Banten oleh STMKG, Cikelet - Garut, Jawa Barat oleh Stasiun Geofisika Bandung, Bukit Bela-belu, Yogyakarta oleh Stasiun Geofisika Yogyakarta, Ngliyep - Malang, Jawa Timur oleh Stasiun Geofisika Karangkates.

Pemantauan juga dilakukan di Denpasar, Bali oleh Balai III BMKG, Pero Konda - Sumba Barat Daya, NTT oleh Stasiun Geofisika Waingapu, Kupang, NTT oleh Stasiun Geofisika Kampungbaru Kupang.

Sedangkan di Sulawesi dipantau di Makassar, Sulsel oleh Balai IV dan Stasiun Geofisika Gowa, Palu, Sulteng oleh Stasiun Geofisika Palu, Manado, Sulut oleh Stasiun Geofisika Winangun Manado.

Kemudian di Ternate, Maluku Utara tepatnya di Afe Taduma pemantauan dilakukan oleh Stasiun Geofisika Ternate, Negeri Seith, Maluku Tengah oleh Stasiun Geofisika Karang Panjang Ambon.

BMKG juga melakukan pemantauan di Biak, Papua oleh Balai V, Merauke, Papua oleh Stasiun Geofisika Angkasapura Jayapura.

Sementara itu, BMKG pusat melakukan pemantauan di Kemayoran, Jakarta oleh Deputi Geofisika dan Pusdiklat serta di Palabuhan Ratu, Jawa Barat oleh Puslitbang, di Tanjung Pandan, Babel oleh Deputi Geofisika serta Mataram oleh Stasiun Geofisika Kahang-kahang.

Pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1438 Hijriyah pada Jumat (26/5) sore.

Sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017 berdasarkan hasil hisab wujudul hilal atau perhitungan penampakan bulan.