14 Desa Di Siak Belum Dialiri Listrik

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 26 Mei 2017 | 09:21 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 251


Pekanbaru, InfoPublik-14 desa di Siak yang belum dialiri listrik. Sementara untuk secara keseluruhan di Riau tercatat ada 500 lebih desa yang bernasib sama, belum mendapatkan penerangan dari mendapatkan penerangan dari PLN.

Hal ini dikatakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai peresmian listrik masuk desa di Minas Barat, Kabupaten Siak Kamis (25/5). 

"Siak masih ada 14 desa yang belum teralirkan listrik. PLN, berencana tahun ini ada empat desa, dan berikutnya 10 desa. 2018 dan 2019 selesai," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri).

Komitmen ini juga berlaku untuk menuntaskan program penerangan desa yang secara keseluruhan terdapat ada 500 desa di Riau yang juga belum mendapatkan penerangan listrik. 

"Dan ini juga sudah menjadi komitmen PLN untuk menuntaskan masalah penerangan di Riau. Ada sekitar 500 lebih desa secara bertahap, 2019 kita harap sudah teralirkan," terang Andi.

Mantan anggota DPRD Riau dan DPR RI ini meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten kota di Riau untuk mendukung soal penerangan ini.

Selain persoalan Riau, hal itu juga bagian dari proyek strategis nasional. Andi menyatakan, dalam nantinya dirinya akan kita membicarakan juga dalam pertemuan terbatas bersama pihak terkait di pusat. Termasuk soal  RTRW yang dianggap masih menjadi kendala selama ini.

"Kita dorong kita doakanlah. Pemerintah kabupaten/kota kita harap ini kita tuntaskanlah. Jadi terus kita doronglah," ujar Andi.(MC Riau/mtr/eyv)