Bekraf Buka Akses Pembiayaan Perbankan Konvensional untuk Pelaku Ekraf

:


Oleh Irvina Falah, Rabu, 24 Mei 2017 | 12:11 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 356


Jakarta, InfoPublik - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggandeng Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Lazada dalam penyelenggaraan “Business Matching for Creative Economy” di Hotel Yello Harmoni Jakarta hari ini (24/5). Bekraf membuka akses kepada pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk mengajukan proposal pembiayaan perbankan melalui acara ini.

Bekraf bertujuan memberi pengetahuan kepada pelaku ekraf terkait pembiayaan perbankan konvensional. Bekraf juga mempertemukan pelaku ekraf dengan perbankan konvensional yaitu Bank Mandiri, BRI, dan BNI pada acara ini.

“Setelah pelaku ekraf tahu pembiayaan yang ditawarkan perbankan konvensional beserta persyaratannya, harapan kami mereka mampu mengakses pembiayaan tersebut. Pelaku ekraf yang hadir juga kami minta membawa proposal pengajuan pembiayaan untuk mengakses pembiayaan perbankan yang hadir,” ucap Direktur Akses Perbankan Restog K. Kusuma.

100 pelaku ekraf dari komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan lazada menjadi peserta. Pada acara ini, Bekraf menggelar sharing pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha, talkshow permodalan bagi ekonomi kreatif, dan pengajuan proposal kredit ke perbankan.

Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma membuka acara. Direktur DPUM Bank Indonesia Ika Tejaningrum memberikan sambutan. Bekraf  menghadirkan praktisi keuangan Hari Putra untuk menyampaikan materi terkait pengelolaan keuangan. Kepala Bagian Pemasaran dan Kerjasama Divisi Bisnis Program Pangan dan Kemitraan BRI Agung Sunaryo diundang Bekraf untuk menjelaskan pembiayaan perbankan untuk pelaku ekraf.

Bekraf juga mengundang Marlee shop Lazada untuk menceritakan kisah suksesnya dan mengispirasi pelaku ekraf lainnya terkait usaha e-commerce miliknya yang dipasarkan melalui Lazada. Head of Marketing Communication Division JNE Mayland Hendra Prasetyo juga hadir untuk menyampaikan program mereka dalam mendukung pengiriman  e-commerce bagi pelaku ekraf yang memasarkan produk secara online.

“Kami mempertemukan pelaku ekraf dan perbankan dengan harapan tersalurkannya pembiayaan perbankan untuk pelaku ekraf. Pelaku ekraf sukses  juga kami hadirkan untuk memotivasi pelaku ekraf lainnya,” ucap Restog. Acara ini diakhiri dengan Business Matching perbankan yaitu Mandiri, BNI dan BRI dengan 100 pelaku ekraf. (mm/gpg)

***

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Kontak Media:

  Mariaman Purba

  Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik

  Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

  T: +62 813 1750 6456

  Email: mariaman.purba@bekraf.go.id

  Website: http://www.bekraf.go.id/

  Twitter: @BekrafID