Jelang Ramadhan Harga Sembako di Manggarai Timur Stabil

:


Oleh MC Kabupaten Manggarai Timur, Rabu, 24 Mei 2017 | 10:35 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 408


Borong, InfoPublik – Jelang bulan Ramadhan, stok dan harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan minyak di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Manggarai Timur relatif normal dan stabil.

Kondisi ini disampaikan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Industri Kecil dan Menengah Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto di Borong, Senin (22/5).

Basilius menerangkan pemerintah mengadakan monitoring langsung ke setiap pasar untuk memantau ketersediaan sembako di pasaran. “Ini bertujuan untuk mengantisipasi melonjaknya harga barang menjelang Lebaran sehingga perlu adanya kontrol dan pengawasan yang ketat dalam agenda operasi pasar,” ujarnya.

Ditambahkannya, hal ini dilakukan agar kebutuhan pokok bisa didistribusikan secara merata ke semua tempat serta mengantisipasi adanya kecenderungan sekelompok pihak yang ingin memanfaatkan momen Ramadhan dan jelang Lebaran untuk mengais keuntungan sebesar-besarnya.

Lebih lanjut Basilius menghimbau para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Manggarai Timur tidak memanfaatkan momen jelang Lebaran ini untuk menimbun bahan sembako. “Lalu kemudian menaikan harga yang tinggi saat Lebaran tiba,” sambungnya.

Selain itu, untuk memantau peredaran barang-barang kadaluarasa di pasaran, pihaknya akan mengadakan operasi pasar menjelang Lebaran. (Mc Manggarai Timur/Tewuck /Vira)