Walikota Beberkan Program Pariwisata Kepada Kastaf Kepresidenan

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 24 Mei 2017 | 10:30 WIB - Redaktur: Tobari - 333


Palembang, InfoPublik - Walikota Palembang Harnojoyo menyampaikan sejumlah program pembangunan Pemerintah Kota Palembang, khususnya pariwisata, kepada Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Teten Masduki, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/5).

Dalam pertemuan yang serius tapi santai itu, Harnojoyo mengatakan, kepariwisataan adalah salah satu program prioritas Pemerintah Kota Palembang untuk percepatan perwujudan visi Palembang EMAS  (Elok, Madani, Aman, Sejahtera) dan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Palembang, bersama Jakarta, akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, yang dihelat pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Menyongsong perhelatan olahraga akbar antarnegara Asia itu, Pemkot Palembang merencanakan sejumlah program kepariwisataan.

Yakni penataan Sungai Musi, pengecatan rumah di bantaran Sungai Musi, penataan bangunan bersejarah, restorasi Sungai Sekanak, revitalisasi Bukit Siguntang, pengembangan wisata Pulau Kemaro, pembangunan pasar seni.

Kemudian program pembangunan pasar wisata terpadu di Sekanak, pembangunan air terjun menari di plaza Benteng Kuto Besak, pembanguan air terjun Ampera.

“Pak Teten Masduki tertarik program yang kami paparkan. Ia segera mengkoordinasikan hal ini kepada kementerian terkait, termasuki ke pihak swasta,” ujar Harnojoyo, usai pertemuan dengan Teten Masduki.

Turut mendampingi Harnojoyo dalam pertemuan itu, antara lain Kepala Dinas Pariwisata Isnaini Madani, Kepala Dinas Kebudayaan Sudirman Tegoeh, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Yanurpan Yany, dan Kepala Dinas Perhubungan Kurniawan.

Hadir pula Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Saiful, Kepala Bappeda dan Litbang Sapri HN.

Ia mengatakan, sejumlah program terkait pariwisata juga telah berjalan. Antara lain, pedestrian Sudirman yang berlangsung tiap malam Sabtu dan malam Minggu.

Sejumlah aktivitas seni disajikan di tempat itu, mulai dari diskusi seni dan budaya, teater, kesenian tradisonal, komunitas pencinta hewan, hingga permainan tradisional anak.

Selain pedestrian Sudirman, ada pula Al Qur’an Al Akbar di Gandus, yang menjadi daya tarik wisatawan. Setiap hari, tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Saat ini, sejumlah tempat wisata juga kerap dikunjungi wisatawan, lokal maupun mancanegara. Mulai dari Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Monpera, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawwar.

Harnojoyo mengaku optimistis, bahwa program-program yang direncanakan itu terwujud, ditambah program yang telah berjalan saat ini, pariwisata di Palembang akan semakin berkembang. “Wisatawan lokal maupun mancanegara tentu akan tertarik berkunjung ke Palembang.” Katanya.

Harnojoyo juga menekankan agar Organisasi Perangkat Daerah Kota Palembang sering berkoordinasi dengan Kementerian-Kementerian agar terwujud percepatan program.

“Perlu aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat, kementerian. Kita tidak bisa hanya mengandalkan APBD. Harus jemput bola  agar pembangunan di Kota Palembang tidak terhambat,” katanya. (MC Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/toeb)