Hulu sungai Utara, InfoPublik-Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara mengadakan Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara, Selasa (23/5).

Lomba ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP dan diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten HSU.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSU Fakhruddin, SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk mewujudkan kualitas gizi di HSU, sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

“Hal ini sesuai dengan gencarnya upaya pemerintah  untuk melakukan diversifikasi atau penganekaragaman pangan. Upaya tersebut tidak untuk menggantikan beras, tapi untuk mengubah pola konsumsi pangan masyarakat,  agar masyarakat mengkonsumsi sumber pangan karbohidrat, protein, sumber vitamin dan mineral yang menjadikan gizi berkualitas”, lanjut Fakhruddin.

Selanjutnya Fakhruddin menyampaikan bahwa lomba ini dilaksanakan setiap tahun.  Untuk tahun 2017 pelaksanaan lomba ditekankan pada sarapan pagi anak, dimana hasil studi menunjukkan sarapan pagi untuk anak sangat bermanfaat bagi fisik dan psikologis anak untuk meningkatkan proses hasil belajar anak. 

Dalam penyelenggaraan lomba tahun ini ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, dimana lomba sebelumnya hanya menampilkan display makanan siap saji.  Untuk tahun ini ada tambahan dimana masakan langsung diolah di tempat lomba, sehingga diharapkan penilaian lebih obyektif.

Keluar sebagai Juara I pada lomba ini adalah TP PKK Kecamatan Haur Gading, Juara II TP PKK Kelurahan Paliwara, dan Juara III TP PKK Kecamatan Amuntai Tengah. Sebagai Juara Harapan I TP PKK Kelurahan Antasari, Sebagai Juara Harapan II TP PKK Kecamatan Sungai Tabukan, dan Juara Harapan III TP PKK Kelurahan Sungai Malang.

Juara pertama pada lomba Cipta Menu ini akan mewakili Hulu Sungai Utara untuk berlomba di tingkat Provinsi pada bulan Agustus mendatang (Diskominfo Kab.Hulu Sungai Utara/Ricky/Eyv)