Buton Utara Siap Kembangkan Wisata Kuliner Dan Homestay

:


Oleh MC Diskominfo dan Persandian Kab. Buton Utara, Rabu, 24 Mei 2017 | 09:05 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 921


Buton Utara, InfoPublik-Bentuk kreativitas dan inovasi budidaya Kepiting Soka yang baru hadir di tengah-tengah kita dan pilihan Danau Moloku adalah tempat yang tepat, dikembangkan wisata kuliner sekaligus wisata alam.

Saat yang bersamaan Budianti Kepala Dinas Perikanan kabupaten Buton Utara, belum lama ini,menyatakan bahwa kegiatan pengembangan kepiting soka ini untuk memberdayakan masyarakat desa wisata seperti khususnya masyarakat desa Lantagi ini, ungkapnya.

Menurutnya, ini merupakan contoh untuk memanfaatkan potensi laut yang ada di Danau Moloku yang juga menjadi destinasi wisata.

Ia berharap ke depannya akan dikelolah secara mandiri oleh kelompok nelayan, sedangkan dinas hanya mendampingi dan mengawasi.

Bupati Buton Utara Abu Hasan kembali mengingatkan bahwa secara terintegrasi sejak awal pemerintahannya sudah menjadi program utama dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat mulai dari pertanian, perikanan dan peternakan yang terintegrasi dengan pariwisata akan menjadi unggulan daerah buton utara ke depan.

"Nampak secara perlahan dan pasti,"ujar Abu Hasan."Selanjutnya, apa yang kita perlihatkan saat ini merupakan bagian dari upaya menyeluruh kita dalam mengembangkan sector-sektor kemakmuran dan unggulan secara terintegrasi,"jelasnya

“Apalagi tahun ini pemerintah pusat melalui kementrian pariwisata akan membangun 20.000 homestay disemua desa wisata seluruh Indonesia  yang bekerja sama dengan real estate Indonesia dan real estate daerah," ungkapnya

Menurutnya, saat ini kita bisa uji coba bangun homestay melalui APBD sambil menunggu realisasi program dari pusat untuk kita bangun pada tempat-tempat wisata tertentu sebagai percontohan homestay kita.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara ini mendapat perhatian dan respon dari Pihak Bank yang turut hadir dan Ketua Komisi II DPRD Buton Utara Al-Munatsir bersama para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dan masyarakat nelayan sekitar Danau Moloku, Lantagi.(MC.Buton Utara/Reporter/Fotografer Rajab/Eyv)