Pemprov Papua Barat Gelar Serah Terima Jabatan Gubernur Terpilih

:


Oleh MC Papua Barat, Selasa, 23 Mei 2017 | 07:42 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Manokwari, InfoPublik - Pasca dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Negara pada 12 Mei 2017 lalu, Pemerintah Provinsi Papua Barat secara resmi menggelar acara serah terima jabatan oleh pejabat Gubernur Papua Barat Drs. Eko Subowo, MBA kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani, di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Senin (22/5).

Dalam sambutannya, Pejabat Gubernur Papua Barat Eko Subowo mengatakan,  acara serah terima jabatan ini  bertujuan antara lain untuk membangun kesinambungan atau kontinuitas jalannya roda pemerintahan, kegiatan pembangunan, layanan kepada masyarakat dan terciptanya stabilitas politik serta keamanan di Provinsi Papua Barat, pasca terpilih dan dilantiknya gubernur dan wakil gubernur devinitif periode 2017-2022.

Subowo menambahkan,  sesuai kebijakan pemerintah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah,  Provinsi Papua Barat pada 2017 telah menginisiasi penerapan e-goverment yang meliputi e-planning, e-budgeting dan e-procuremen.

“Namun dalam penerapan aplikasi elektronik ini masih memerlukan adanya peningkatan sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Papua Barat menyampaikan,  tugas pemerintahan yang diembankan kepada dirinya bersama Mohammad Lakotani selaku gubernur dan wakil gubernur Papua Barat dalam pelaksanaan  pembangunan lima tahun ke depan tentunya amanah dari seluruh masyarakat Papua Barat ini yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat tidaklah semudah dengan apa yang di bayangkan, tentu memerlukan tenaga, waktu, dan pikiran serta dilakukan secara sistematis dan profesional.  Oleh sebab itu saya mengharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, aparatur Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat, DPRD Papua Barat, TNI dan Polri untuk menciptakan suasana yang aman dan tertib agar Provinsi Papua Barat agar yang kita cintai ini dapat menuju Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat,” tutur Mandacan.

Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Dr. Soni Sumarsono, Gubernur Papua Barat periode 2012-2017 Abraham Oktavianus Atururi, para bupati dan walikota se-Provinsi Papua Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Papua Barat, pejabat terkait di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat maupun pimpinan instansi vertikal dan BUMN yang ada di Provinsi Papua Barat, serta tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.(MC Papua Barat/Kus)