Kirab Budaya Semarakkan Tradisi Nyadran Dusun Josari

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Senin, 22 Mei 2017 | 17:39 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sleman, InfoPublik - Pada Bulan Sya'ban atau Ruwah, Dusun Josari Desa Sukoharjo secara rutin melaksanakan nyadran di Makam Umum Josari Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik. Di bulan ini, nyadran jatuh pada hari Minggu (21/5).

Satu rangkaian dengan nyadran dan doa bersama, acara dilanjutkan dengan kirab budaya yang dimeriahkan dengan karnaval keliling kampung. Kirab ini menampilkan kesenian daerah, drum band, barisan Bregada Ki Prembun, dan barisan warga baik remaja, dewasa, maupun lansia. Selain itu, kirab budaya juga diramaikan dengan arak-arakan gunungan hasil panen dan makanan.

Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Dusun Tanjungsari, Jamin, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat wilayah Josari dan sekitarnya yang telah mendukung acara nyadran dan kirab budaya ini. Jamin mengharapkan acara ini bisa terus dipertahankan dan dilestarikan pun dapat menjadi kegiatan rutin tahunan.

Sementara itu, Kepala Desa Sukoharjo, Hadi Subronto, merasa senang dan menyambut baik acara nyadran dan kirab budaya ini. Dalam kesempatan yang sama, Hadi Subroto juga menyampaikan keinginannya mengembangkan desa wisata di Desa Sukoharjo dan upayanya untuk terus melestarikan budaya adat seperti ini. (***/MC Sleman/toeb)