Kemenpora Peringati Harkitnas 2017

:


Oleh Astra Desita, Senin, 22 Mei 2017 | 15:11 WIB - Redaktur: Juli - 730


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 tahun 2017 di Halaman Utama Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Senin (22/5).

Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional menjadi tema besar yang diangkat pada Harkitnas 2017 ini.

Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Washinton yang menjadi Inspektur Upacara menyampaikan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika menurutnya, semangat Harkitnas tidak pernah memudar namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari.

"Semangat Harkitnas telah tercetus sejak 109 tahun lalu ditandai dengan berdirinya Budi Utomo tetapi hingga sekarang tetap mampu menyatukan dan menyemangati warganya sebagai bangsa," ucapnya.

Presiden Joko Widodo, telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan bidang pembangunan, pada Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi, pemerataan pembangunan antar wilayah dapat diwujudkan.

"Kebangkitan nasional akan berarti jika tidak ada satu warga pun yang tercecer dari gerbong kebangkitan itu sendiri dengan mengimplementasikan tema besar yang diangkat dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan bangsa," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pembangunan di segala sektor. Contohnya dalam sektor kelistrikan telah dilakukan pembangunan tenaga listrik di 2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik dan subsidi listrik untuk masyarakat menengah ke bawah, juga penyediaan internet berkecepatan tinggi untuk menghubungkan seluruh pelosok negeri dapat dinikmati secara luas.

Selain itu, pemerintah memandang pembangunan insfrastruktur diperlukan untuk meningkatkan peran ekonomi dan keadilan seluruh rakyat Indonesia, termasuk infrastruktur jalan raya misalnya pembukaan jalan Trans-Papua yang telah di jajal langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

"Digitalisasi juga terjadi di setiap sektor untuk itu kita harus tetap berpihak mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempuran lawan yang tak kasat mata, selamat Harkitnas ke-109 Indonesia Bangkit," pungkasnya.