Satlantas Morotai Gelar Operasi Patuh Sandi Kieraha 2017

:


Oleh MC Kabupaten Morotai, Senin, 22 Mei 2017 | 09:08 WIB - Redaktur: Kusnadi - 763


Morotai, InfoPublik  - Satuan lalulintas Polsek Kabupaten Pulau Morotai menggelar Operasi Patuh Terpusat Sandi Kieraha 2017, Minggu (21/5). Operasi tersbut dilaksanakan sejak pukul 15.00 WIT hingga Pukul 16.00 WIT di depan kantor Bupati Kabupaten Pulau Morotai.

Operasi Patuh Sandi Kieraha 2017 merupakan operasi lanjutan dari operasi sebelumnya yakni operasi Simpatik, yang hanya memberikan sanksi berupa teguran,

Dalam operasi patuh ini, petugas memberikan sanki penegakan hukum berupa pembayaran denda bagi para pengendara yang melanggar aturan tertib berlalu lintas. 

Ada puluhan sepeda motor yang terjaring operasi tersebut. Kebanyakan yang ditilang karena mereka tidak membawa kelengkapan sepeda motor berupa surat surat kendaran dan pelindung kepala (helm).

Kepala Satlanats Kabupaten Pulau Morotai Daniel Maribunga mengatakan,  pihaknya melakukan penilangan pengendara yang tidak memakai helm dan tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Kami tilang mereka, karena di Morotai masih banyak masyarakat yang belum menyadari betapa pentingnya menggunakan helm dan membawa kelengkapan surat-surat dalam berkendara,”ujar Kasat Lantas.

Kasat Lantas juga menambahkan,  denda tilang tidak bayar di tempat, melainkan dibayarkan melalui  Bank BRI atau melalui ATM ke rekening negara.

Disampaikan, Operasi Patuh ini berlangsung dari tanggal 9 Mei – 22 Mei 2017 dan setelah ini ada operasi lanjutan menjelang bulan puasa.

“Intinya, dalam operasi ini adalah keselamatan pengendara, jadi kami berharap masyarkat Morotai agar selalu menggunakan helem dan membawa surat surat kendaraan yang lengkap agar terbebas dari pelanggaran hukum berlalu-lintas sehingga kesadaran akan pentingnya tertib berlalulintas itu bisa ditegakkan,” pungkasnya. (Derwin/Kus)