Pemudik Tanpa Sepeda Motor Disediakan 1000 Bus Gratis

:


Oleh Dian Thenniarti, Minggu, 21 Mei 2017 | 12:32 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 1000 bus untuk mengangkut pemudik yang tidak membawa sepeda motor pada Lebaran 2017 ini.

Program mudik gratis tanpa membawa sepeda motor ini merupakan terobosan baru Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menjawab banyaknya peminat mudik gratis namun tidak membawa sepeda motor.

"Meski tidak membawa serta motornya, namun calon pemudik tetap harus mencantumkan STNK menandakan mereka adalah pengguna sepeda motor," jelas Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub, Cucu Mulyana dalam peluncuran program Mudik Gratis 2017 dengan Perhubungan Darat di Jakarta, Sabtu (20/5).

Tempat dan tanggal pendaftaran pun sama dengan pemudik bersepeda motor, yakni mulai 20 Mei hingga 16 Juni 2017 dengan lokasi keberangkatan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. "Namun khusus angkutan sepeda motor akan diberangkatkan pada 21 Juni 2017 dan penumpangnya keesokan harinya pada 22 Juni 2017. Sedangkan mudik gratis tanpa sepeda motor, keberangkatan mulai 19, 20, 21, dan 23 Juni 2017," jelas Cucu.

Cucu mengungkapkan, dibandingkan angkutan Lebaran tahun 2016, tahun ini terdapat peningkatan ketersediaan kuota penumpang yang cukup drastis, sebesar 287 persen, dan 227 persen peningkatan dari jumlah kota tujuan dari hanya 9 kota pada angkutan Lebaran tahun lalu, menjadi 30 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung pada angkutan Lebaran tahun ini.

"Namun khusus yang membawa serta motornya saat mudik, pemerintah hanya menyediakan 9 kota tujuan termasuk Lampung, sama seperti tahun sebelumnya. Sementara bagi pemudik yang tidak membawa motor (1000 bus) tersedia 29 kota tujuan di Jawa Barat dan Jawa Tengah," ujar Cucu.

Sementara untuk angkutan sepeda motor gratis dan penumpang dengan kapal Roro, terdapat dua tujuan yakni rute Pelabuhan Tanjung Priok-Tanjung Emas (Semarang), dan rute Pelabuhan Merak-Lampung.

"Kapasitas masing-masing kapal 5.000 GT dengan daya tampung 1.000 penumpang dan 500 sepeda motor," tambahnya.

Cucu berharap, masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya program mudik gratis tersebut, baik dengan kapal penyeberangan maupun bus demi terciptanya mudik yang nyaman, aman dan selamat.

"Program mudik gratis ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dengan cara menekan angka kecelakaan di jalan raya. Selain itu juga untuk melayani masyarakat dan mengendalikan jumlah kendaraan di jalan raya yang mudik ke kampung halaman saat Lebaran," tutupnya.