Pemerintah Luncurkan Program PPG Dalam Jabatan Bersubsidi

:


Oleh Astra Desita, Jumat, 19 Mei 2017 | 21:43 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta,InfoPublik - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi meluncurkan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Dalam Jabatan.

Program PPG Dalam Jabatan ini untuk guru-guru produktif di SMK sebagai bagian dari upaya revitalisasi SMK.

"SMK membutuhkan guru produktif dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini sebagai kesempatan bagi guru untuk menjadi guru produktif di SMK," tutur Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata di Gedung Kemenristekdikti Senayan Jakarta, Jumat (19/5).

Pranata menyebutkan, tahun ini kuota PPG Dalam Jabatan mencapai 2.500 orang. Bagi yang berminat, pendaftaran dibuka secara daring pada laman ppg.ristekdikti.go.id mulai 21 Mei hingga 1 Juni, seleksi administratif 22 Mei - 4 Juni dan pengumuman hasil seleksi 5 Juni 2017.

Adapun persyaratannya antara lain adalah guru tetap dan guru tidak tetap (honor) di sekolah negeri maupun swasta di lingkungan Kemendikbud yang belum memiliki sertifikasi pendidikan dan telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Lalu memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun atau guru yang mengikuti program Sarjana Mengajar Kejuruan (talent schouting) atau guru yang menjadi instruktur Program Keahlian Ganda.

Selain itu lulusan S1 atau D4 dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, berusia maksimal 35 tahun pada Desember 2017 serta berkelakuan baik, berbadan sehat dan bebas Napza.

Pranata mengatakan untuk 2017 ini, PPG Dalam Jabatan dibuka untuk 10 program studi yakni Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Kimia, Teknik Penangkapan Ikan, Agribisnis Produk Ternak, Agribisnis Produksi Tanaman, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan, serta Kepariwisataan.

Lama pendidikan paling cepat 4 bulan, dengan subsidi biaya dari pemerintah senilai Rp7,5 juta per peserta. Awal kuliah diperkirakan 4 Juli 2017 di perguruan tinggi yang ditunjuk.

Bagi yang berminat, pendaftaran dibuka secara daring pada laman ppg.rsitekdikti.go.id mulai 21 Mei hingga 1 Juni, seleksi administratif 22 Mei-4 Juni dan pengumuman hasil seleksi 5 Juni 2017.

Menurut Pranata, program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip menjaga mutu, sejak dari seleksi, proses pembelajaran hingga penilaian dan uji kompetensi. Dengan demikian diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif dan berkarakter serta cinta tanah air.