Museum Perjoangan Menjadi Destinasi Wisata Sejarah Di Kota Bogor

:


Oleh Eka Yonavilbia, Jumat, 19 Mei 2017 | 13:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Bogor, InfoPublik – Museum Perjoangan Bogor menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Bogor untuk mengenal lebih dekat mengenai pahlawan dan perjuangan masyarakat Bogor berlokasi di Jalan Merdeka No. 56, Kecamatan Bogor Tengah.

Pemko Bogor mempunyai harapan besar terhadap objek wisata museum perjoangan didirikan sejak tahun 1957, karena dapat melestarikan sejarah pahlawan di Bogor.

“Harapan ke depannya, masing – masing museum ini bisa berdiri sendiridan mengelola manajemennya sendiri tanpa ada campur tangan dari pemerintah, karena melihat dari anggaran Kota Bogor untuk memberikan hibah berupa uang itu kecil sekali.”kata Staff Analisa Data Informasi Dan Usaha Jasa Sarana Pariwisata Kota Bogor, Bambang, Selasa (16/5).

Bambang menambahkan, Pemko Bogor akan terus mendukung kemajuan wisata terutama museum.“Pemko Bogor sebagai fasilitator akan coba terus mendukung. agar masyarakat tertarik untuk datang ke museum. Kita saling bersinergi, seiring sejalan untuk kemajuan wisata Kota Bogor untuk tahun ini dan tahun yang akan datang.” tuturnya.

“Barang - barang ini didapat dari warisan pejuang dengan sukarela, akan tetapi pihaknya juga meminta surat serah terimanya. Cara rawat keris, kita bersihinnya satu tahun sekali, setiap tahun baru Islam. Kalau untuk senjata paling kita kasih oli aja, semua senjata ini masih aktif.” Ucap Resepsionis Museum Perjuangan Bogor, Wendi Ferdian, Selasa (9/5).

“Jika kunjungan perhari tergantung, maka biasanya sabtu-minggu ada aja dari umum, sedangkan hari biasa umum jarang, paling anak sekolah kalau ada tugas, 15 - 20 orang.” lanjutnya.

Pada kesempatan terpisah,Dhanik Puspita Sari sebagai Kaprodi S1 Usaha Perjalanan Wisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, menyatakan, Pemkot Bogor perlu menajalin bekerjasama dengan pihak museum dan instansi lainnya demi berkembangnya wisata museum.

“Dari kedua belah sisi baik itu pihak museum atau instansi lainnya agar ada feedback-nya. Buat iven kerjasama dengan Pemkot Bogor. Pemkot bisa melakukan kerja sama dengan pengusaha industri perjalanan wisata yang berada di Kota Bogor untuk memasukkan wisata museum dalam setiap kunjungan wisatanya yang berada di kota ini, setiap kegiatan pariwisata dilaksanakan, minimal mengunjungi satu museum.” ujarnya, Selasa (16/5).

“Saya baru tahu dan pertama kali mengunjungi museum ini, berkat museum ini, saya jadi tahu sejarah dan pahlawan dari Bogor,” jelas salah satu pengunjung, Niko (18). (Mahasiswa Magang/Lauren/Eyv)