Desa Toto Selatan Canangkan Kawasan Bebas Alkohol

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 19 Mei 2017 | 06:09 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Bone Bolango, InfoPublik - Tuntutan Bupati Bone Bolango Hamim Pou agar setiap desa menciptakan terobosan yang inovatif secara perlahan mulai terealisasi. Di Desa Toto Selatan, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, misalnya saat ini telah dicanangkan kawasan bebas alkohol.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Toto Selatan, Taufiq Baladraf saat membuka pencanangan kawasan bebas alkohol di kantornnya, Rabu (17/5).

Menurutnya, alasan dilakukannya pencanangan kawasan desa bebas alkohol karena ditahun-tahun sebelumnya banyak ditemui di lapangan saat memjelang bulan suci Ramadhan masih ada masyarakat yang justru berpesta minuman keras (miras).

"Saya nantinnya akan berkoordinasi dengan Bhabikamtibmas dan melibatkan karang taruna untuk pelaksanaan kawasan desa bebas alkohol ini. Bahkan, kalau perlu kita bikin peraturan desa (perdes) tentang hal itu," tegas Taufiq Baladraf.

Dalam Perdes itu, nantinya tambah Taufiq akan ada sanksi bagi yang kedapatan minum minuman keras (miras) akan didenda sebesar Rp2 Juta. Sementara yang menjual miras tersebut akan didenda Rp3 juta. 

Adapun uang hasil denda itu, terang Taufq Baladraf akan dikumpul dan disedekahkan ke fakir miskin dan yatim piatu. "Jadi hasil dari denda itu yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan," jelasnya.

Untuk penerapan Perdes ini tidak dilakukan secara sekaligus, tapi bertahap. Untuk itu, Taufiq berharap dengan dicanangkannya kawasan desa bebas alkohol ini maka masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa bisa tenang," tandasnya.

Sementara itu, dalam pencanangan kawasan desa bebas alkohol itu turut dihadiri langsung Camat Kabila, Kadis Kesehatan Bone Bolango, Kepala Puskesmas Kabila, Bhabinkamtibmas, serta Kepala BPD Toto Selatan. 
Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan pemeriksaan serta pengobatan gratis yang dilaksanakan bekerjasama dengan Puskesmas Kabila serta mahasiswa PBL 1 dan Ners UNG. (MC Bone Bolango/GP/Roy/Hms/Kadir)