Pencari Kerja Memadati Job Fair Temanggung 2017

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Kamis, 18 Mei 2017 | 19:52 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 532


Temanggung, InfoPublik-Para pencari kerja beramai-ramai mengikuti Job Fair 2017 digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Temanggung selama dua hari, 16-17 Mei 2017 bertempat di Gedung Pemuda Temanggung. Acara dibuka oleh Bupati Temanggung, Bambang Sukarno.

Job Fair Temanggung 2017 menyediakan kurang lebih 2797 lowongan pekerjaan dari 30 perusahaan berskala regional maupun nasional.

Kepala Disnaker Kabupaten Temanggung, Suminar Budi Setiawan, mengatakan, perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran bursa lowongan kerja kali antara lain bergerak di bidang pengolahan kayu, perbankan, asuransi dan perusahaan tekstil (garmen).

Tujuan dari bursa kerja untuk membantu proses bertemunya pencari kerja dan pengguna tenaga kerja secara lebih efektif dengan memberikan pelayanan langsung dan terbuka pada waktu tertentu dan dalam suatu tempat tertentu.

"Dari job fair ini, diharapkan bisa terbukanya lapangan kerja baru guna mendukung program Pemkab dalam hal penanggulangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan," ucap Budi.

Ia melanjutkan, dari bursa kerja ini diharapkan bisa menempatkan tenaga kerja baru lulusan SD, SMP, SLTA sederajat. Selain itu, juga untuk lulusan D3 ataupun sarjana di Kabupaten Temanggung tahun 2017.

Sasaran penyelenggaraan job fair tersebut adalah para pencari kerja, utamanya lulusan SMA atau sederajat pada tahun ini. Sehingga, lulusan SMA atau sederajat yang tidak punya kesempatan dan biaya untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, bisa terserap di dunia kerja, tandasnya.

Sementara itu, Bupati Temanggung Bambang Sukarno berharap, masyarakat Temanggung bisa memanfaatkan sebaik-baiknya acara bursa kerja untuk memperluas kesempatan kerja.

"Pelaksanaan job fair ini hendaknya dievaluasi setiap tahun agar bisa diketahui jenis lowongan pekerjaan apa yang paling laku guna menyerap tenaga kerja. Sehingga, pelaksanaannya untuk masa mendatang lebih baik,"pinta Bambang.

Dalam acara tersebut juga akan diberangkatkan 114 TKI Ke Malaysia dari dua perusahaan yang bekerjasama dengan Disnakertrans yaitu PT. Sukses mandiri utama purworejo dan PT. Karyatama mitra sejati magelang. (MC Tmg/Ara/Eyv)