Rombongan Artis Ibu Kota Berburu Kain Khas Palembang, Ditemani Wakil Wali Kota

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 15 Mei 2017 | 07:32 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 679


Palembang, InfoPublik - Kain tradisional khas Palembang, seperti tenun jumputan, blongsong, tajung dan songket, memikat sejumlah artis ibu kota.

Mereka memborong kain-kain tersebut saat bertandang ke Griya Kain Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, Jumat (12/5).

Ditemani Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, rombongan artis ibu kota itu, antara lain, Asri Welas, Puput Melati, Adelia Septianti, Gesi Silvia, Feri Anwar, dan Amel Idol.

Asri Welas, mengatakan kualitas kain Palembang, tidak kalah dengan produk luar negeri, seperti buatan India, dan Cina.

"Yang jelas kainnya enak dipakai, tidak keringatan, desainnya up to date. Insya Allah ke depan kita pakai kain ini," ucap artis bernama asli Asri Pramawati, ini.

Sebagai desainer Indonesia, Asri merupakan salah satu artis yang konsen mengangkat kain tradisional nusantara dalam karya-karyanya.

"Tugas kita warga Indonesia ikut meningkatkan pendapatan penghasilan  orang Indonesia. Kalau kita desain dengan produk anak bangsa, maka nanti uangnya untuk anak bangsa juga. Bisnis kita pakaian, kalau bisa kita pakai kain produk  Indonesia," kata Asri.

Adelia Septianti mengatakan dia telah jatuh cinta dengan kain Palembang. "Kainnya bagus-bagus. Pas lihat sudah terbayang mau buat apa, tapi kita pikirkan dulu desainnya.”

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengatakan, kunjungan ke Griya Kain Tuan Kentang, ini salah satu momen bagus untuk mempromosikan kerajinan khas Palembang.

Selain murah, kain-kain tradisional Palembang ini berkualitas,  bahkan telah diakui masyakat, termasuk para artis ibu kota tersebut.

“Ke depan, kita akan ajak para artis dan desainer ini untuk bekerja sama, memakai kain-kain Palembang. Kalau bisa ada MoU khusus. Dengan begitu, kain Palembang akan lebih terkenal lagi,” ujar Fitrianti. (Ratih/Hidayatullah)