Informasi Tentang Pembangunan Wajib Diketahui Oleh Publik

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Sabtu, 13 Mei 2017 | 05:58 WIB - Redaktur: Tobari - 432


Padang, InfoPublik – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat Ir. Yeflin Luandri. MSi mengemukakan bahwa informasi tentang pembangunan, khususnya pembangunan di Provinsi Sumatera Barat, wWajib diketahui oleh publik.

Yeflin Luandri mengemukakan hal tersebut dalam sambutannya pada pembukaan Diseminasi Informasi dengan tema  "Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik”  di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, yang berlangsung di auditorium gubernur Jalan Sudirman Padang, Jum’at (12/5).

Informasi yang ditampilkan adalah seluruh kegiatan yang dibiayai oleh keuangan Daerah/Negara dan harus diketahui oleh publik, informasi/berita ini harus ada secara serta merta  ditampilkan melalui media massa konvensional dan melalui portal resmi pemerintah.

Untuk lebih memantapkan dan lebih baiknya informasi yang muncul di media, maka diadakanlah diseminasi ini. Diseminasi ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para operator dan reporter website atau media pemerintah. “Jadi OPD akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan ini nantinya,” katanya.

Yeflin juga menyampaikan bahwa portal www.sumbarprov.go.id selama ini cukup tinggi pengunjungnya, di bulan Maret 2017 mencapai angka hampir 95.000 pengunjung, angka ini cukup tinggi. Artinya portal pemerintah provinsi Sumatera Barat semakin diminati publik, dan sudah saatnya pula kita meningkatkan kemampuan pengelolanya.

Peserta Diseminasi ini sebanyak 88 orang dari semua OPD pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Kabid Pembinaan Informasi Komunikasi Publik Ir. Nurfitrisman. MM, dalam laporannya menyampaikan, informasi dari lembaga publik harus cepat sampai ke masyarakat maka informasi itu diupload di media pemerintah provinsi  Sumbar yaitu portal www.sumbarprov.go.id.

Untuk itu, peran operator dan reporter atau kontributor berita di OPD sangat diharapkan sekali. Maka operator dan reporter ini diberikan pengetahuan menulis berita yang baik dan juga menampilkan foto yang baik pula, foto yang aktual dan berhubungan dengan kejadiannya.

Nara sumber kegiatan ini adalah Siri Antoni dari Biro ANTARA Sumbar dengan materi "Kaidah Penulisan di Media On Line", Iggoy El Fitra dari Biro ANTARA Sumbar dengan materi "Foto Jurnalistik", dan Ymi Ariati dari KPID sumbar dengan materi "Strategi Komunikasi dalam Penggunaan News Media On Line", dengan moderator Drs. Akral. MM dari Dinas Kominfo Sumbar.

Semoga dengan adanya kegiatan ini kemampuan operator dan berita portal pemerintah provinsi Sumatera Barat semakin baik dan semakin banyak pengunjungnya. (Diskominfo/ Akral/toeb)