Pembalap Dari 24 Negara Ramaikan Tour de Barelang 2017

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 12 Mei 2017 | 15:39 WIB - Redaktur: Tobari - 299


Batam, InfoPublik - Sedikitnya 261 pembalap sepeda semi-pro dari 24 negara, dipastikan ikut ambil bagian dalam kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Tour de Barelang 2017, Sabtu (13/5) di Kota Batam. 

Sesuai dengan susunan acara dari panitia (Disparbud dan Cycosport), kegiatan tersebut akan mengambil start dari alun-alun Engku Putri Batam Center menuju jembatan 1 Barelang, terus ke jembatan 6. Selanjutnya memutar balik dari jembatan 6 Barelang menuju jembatan 1 Barelang, sekaligus finish di jembatan 1 Barelang. 

"Start dari Engku Putri, namun dari Engku Putri menjuju jembatan I Barelang sifatnya pemanasan. Perlombaan sesungguhnya dari jembatan 1 Barelang menuju jembatan 6 Barelang, dan finish kembali di jembatan 1 dengan total jarak 130 kilometer," ujar Kadisbudpar Batam Febrialin, didampingi Titin selaku Kabid Promosi dan Pengembangan Pariwisata Kadisbudpar Batam, Rabu (10/5). 

Ke-24 negara tersebut, di antaranya United Kindom (UK) dengan 72 peserta, Singapura 59 peserta, Australia dengan 42 peserta dan  tuan rumah Indonesia 19 orang (meliputi Batam, Karimun dan Jakarta), serta negara lainnya. "Batam sendiri akan menerjunkan 6 pembalapnya," jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa kegiatan yang direncakan berlangsung dari pukul 07.00 WIB yang diawali dengan penjemputan di Pelabuhan International Batam Centre dan ditargetkan berakhir pada pukul 15.00 WIB, akan memperebutkan 3 kategori kecepatan, yakni kecepatan (speed 50 km, 40 km dan 30 km). 

Menurut mantan Kadis Pasar dan UKM ini, pemenang setiap kategori akan mendapatkan tropi dan juga medali, sementara untuk setiap pembalap yang finish akan mendapatkan medali sebagai bentuk penghargaan. 

"Tidak hanya para pemenang setiap kategori, tapi setiap pembalap yang finish akan mendapatkan medali penghargaan," jelasnya. 

Kegiatan Tour de Barelang yang keenam ini, merupakan salah satu atraksi atau ajang pariwisata Batam sebagai upaya pencapaian target kunjungan wisatawan Batam. Karenanya, pelaksanaan Tour de Barelang ini sendiri sudah dikomunikasikan dengan berbagai travel agent yang ada di Batam, Malaysia dan Singapura. 

"Harapannya ini dimanfaatkan oleh travel agent, sehingga berkaitan kegiatan ini banyak wisatawan datang ke Batam," ujarnya lagi. 

Selain ditujukan untuk pencapaian kunjungan Wisman, kegiatan ini juga diharapkan menjadi tontonan dan hiburan masyarakat Kepri dan Batam secara khususnya. Karenanya, ia berharap masyarakat juga ikut menyaksikan kegiatan Tour de Barelang ini di sepanjang jalan yang dilalui peserta. (HK/toeb)