Kemilau Indonesia Photo Contest Jaring Karya Terbaik Berlatar Destinasi Menarik

:


Oleh Untung S, Kamis, 11 Mei 2017 | 17:33 WIB - Redaktur: Juli - 911


Jakarta, InfoPublik - Ajang lomba foto Kemilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2017 yang digelar Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) sukses menjaring ratusan karya foto terbaik dari berbagai penjuru nusantara dengan latar destinasi wisata yang menarik perhatian.

Ketua Forwapar Fatkhurrohim di Jakarta, Kamis (11/5) mengatakan, selama lomba KIPC 2017 berlangsung berhasil dijaring 757 foto yang masuk melalui email yang disediakan. "Peserta rata-rata mengirimkan karya dengan latar 8 destinasi dari 10 destinasi yang dipersyaratkan," katanya.

Sebanyak dua destinasi yang tidak ada dalam karya yang dilombakan dalam KIPC 2017 hingga batas pengiriman karya ditutup yakni foto-foto dengan latar belakang Morotai dan Wakatobi.

"Tercatat karya yang lolos dan memenuhi persyaratan dan ketentuan pada tahap awal yakni sebanyak 89 karya foto," ujarnya.

Sementara foto yang layak pamer dan dipajang di Jakarta Convention Center sebanyak 50 karya foto terbaik.

KIPC 2017 melahirkan tiga pemenang terbaik yakni: Juara I Sofyan Efendi, Pesona Pulau Macan Juara II, Ares Jonekson Saragi Damai di Danau Toba Juara III, dan Muhammad Aziz Rifai Indahnya Tanah Airku.

Juri KIPC 2017 Dodi Sandaradi mengatakan, secara umum karya foto yang masuk dalam KIPC 2017 sangat bervariasi namun untuk juara 1 memiliki berbagai kelebihan dari mulai obyek fotografi dan teknik yang sangat menarik.

"Pemenang pertama ini sesuai dengan tema mengenai objek-objek yang harus dimunculkan lagi selain Bali, yakni Pulau Seribu memang sebagian orang sudah mengenal tetapi masih banyak spot-spot baru dan belum dikenal orang. Foto ini mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Pulau Seribu," ungkapnya.

Karya tersebut juga dianggap memiliki komposisi foto yang simpel tetapi kuat untuk membuat siapapun terbawa suasana ke dalamnya. Foto tersebut tampak alami dan menenangkan.

"Karya ini terbaik dari yang lain, dibandingkan dengan foto lain karena ini yang paling kuat impact-nya jadi kalau orang begitu melihat foto ini langsung tertarik untuk datang ke sana kemudian foto ini menggambarkan kehidupan di sana yang mewakili kegiatan setiap hari anak-anak di Kepulauan Seribu ada unsur keindahan biota lautnya sangat sangat menyatu digambar dan juga di sini ada semacam kehidupan foto ini lengkaplah dan komposisinya juga menarik," katanya.

Sedangkan juara kedua yang menyajikan destinasi Danau Toba menghadirkan kesan kedamaian dan kerinduan yang sangat kuat. Sementara juara ketiga sangat mewakili gambar dari Indonesia bagian timur yang secara teknis foto ini sangat bagus dengan komposisi warna-warna sangat tepat. "Capturing keindahan Indonesia timur dan foto ini memang indah serta ditangkap tepat oleh fotografer," ungkapnya.

KPIC 2017 diharapkan mampu mempromosikan dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke berbagai destinasi yang disajikan dalam karya-karya foto.

KIPC 2017 merupakan rangkaian acara yang terdiri dari lomba foto destinasi dan pameran hasil lomba fotografi yang mengangkat tema 10 destinasi Bali Baru yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Sebanyak 50 karya foto terbaik dipamerkan dalam ajang Pameran Foto KIPC 2017 tang digelar pada 11-14 Mei 2017 sekaligus pengumuman pemenang bersamaan dengan acara Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara di Jakarta Convention Center (JCC).