Kelurahan Batu Piring Wakili Balangan Lomba Antar Kelurahan se Kalsel

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Minggu, 7 Mei 2017 | 07:43 WIB - Redaktur: Tobari - 360


Paringin, InfoPublik - Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan, terpilih mewakili Kabupaten Balangan untuk mengikuti Lomba Kelurahan se-Kalimantan Selatan.

Terpilihnya Kelurahan Batu Piring ini setelah melalui proses peninjauan dan penilaian di tingkat Kabupaten Balangan, selanjutnya dilakukan Tim Penilaian dari Provinsi Kalimantan Selatatan, Kamis (4/5).

Kedatangan rombongan Tim penilaian ini, disambut langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin beserta beberapa jajaranya serta pemerintahan Kelurahan Batu Piring serta Kecamatan Paringin Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan ini penting, karena kegiatan ini menjadi salah satu agenda nasional yang merupakan sebagai penjabaran dan tindak lanjut dari peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2017, tentang perlombaan desa dan kelurahan.

Lomba kelurahan sendiri, kata Ansharuddin, merupakan alat evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat kelurahan untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan.

Sehingga diharapkan dapat mencerminkan tingkat kemajuan atau keberhasilan masyarakat, dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dalam waktu satu tahun.

"Ini sejalan dengan maksud dan tujuan otonomi daerah, dimana pembangunan di Balangan yang berujung tombak pelaksanaannya di desa dan kelurahan, dititikberatkan pada bidang pemberdayaan masyarakat, yakni upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat, yang dilakukan melalui berbagai program pembangunan", tegasnya.

Selain itu, lanjut Bupati, penetapan kelurahan Batu Piring sebagai pemenang lomba kelurahan tingkat Kabupaten Balangan tidak terlepas dari keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintahan Batu Piring bersama masyarakat, yang dititik beratkan pada usaha kegotong royongan dan keswadayaan masyarakat.

"Kami berharap melalui lomba kelurahan ini serta tim penilai provinsi dapat memberikan pembinaan, baik dari segi administrasi maupun segi teknis, agar ke depan perkembangan pembangunan sebagai usaha masyarakat di kelurahan batu piring pada khususnya, dan kabupaten balangan pada umumnya dapat semakin lebih ditingkatkan," katanya.(mc balangan/sugi/eddy/toeb)