Sumbar Akan Menjadi Tuan Rumah Penas Tani Nelayan XVI

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Sabtu, 6 Mei 2017 | 09:00 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Banda Aceh, InfoPublik - Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Penas Tani Nelayan ke-16 tahun 2020 mendatang, sesuai dengan Rembuk Utama Kontak Tani Andalan Nasional (KTNA) se Indonesia  di Banda Aceh.

Acara rembuk Utama KTNA ini digelar dalam rangkaian Penas Tani Nelayan - XV tahun 2017, yang dilaksanakan di Provinsi Nangro Aceh Darussalam, demikian Media Center Provinsi Sumatera Barat melaporkan dari Banda Aceh, Jum’at (5/5).

Sumatera Barat sebagai provinsi yang 65% penduduknya bergerak di sektor pertanian, dan sektor pertanian penyumbang PDRB Sumbar sebesar 20% lebih sangatlah pantas menjadi tuan rumah Penas Tani dan Nelayan tiga tahun mendatang.

Sumatera Barat salah satu provinsi  sentra produksi beras, jagung dan sayuran utama di Indonesia. juga ditetapkan sebagai sentra pengembangan ternak sapi pedaging dan sapi perah dan kakao untuk Indonesia Wilayah Bagian Barat.

Disektor perikanan Sumbar dikenal penghasil ikan tuna untuk perikanan laut dan penghasil ikan kerapu dan ikan air tawar nila untuk perikanan darat. 

Kota Padang akan dijadikan kota penyelenggara dengan sarana prasarana penunjang yang memadai.Stadion H. Agus Salim yang dapat menampung hingga 50 ribu tempat duduk dapat digunakan sebagai tempat acara pembukaan dan penutupan penas.

Sarana pendukung lainnya seperti hotel, pemondokan/pemukiman peserta, sarana kesehatan Rumah Sakit dan lainnya. juga ditunjang dengan Bandara Internasional Minangkabau sebagai jalur utama transportasi bagi perserta. (MC Sumbar/Rasmunaldi/toeb)