Dharmasraya, InfoPublik -  Keberadaan SMA Negeri 01 Sitiung sebagai SMA tertua di Kabupaten Dharmasraya, sejalan dengan kematangannya dalam mencetak lulusan yang berkualitas, beberapa pejabat teras di Kabupaten Dharmasraya pernah mengenyam pendidikan di sekolah yang beralamat di Koto Agung, Sitiung, itu.

Antara lain mantan Bupati Dharmasraya Ir. Adi Gunawan, MM, mantan Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya periode 2009-2014 Rudi Hartono, SE, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Widiyatmo, SE dan masih banyak lagi yang lainnya.

Prestasi itu terus berlanjut hingga sekarang, hampir setiap tahun SMA tersebut mengorbitkan duta kabupaten Dharmasraya dan Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti berbagai ajang di tingkat Nasional.

Dua bulan lalu, 1 Maret, tim basketball SMA Negeri 01 Sitiung berhasil meraih juara III Open Turnamen Basketball (OTB) yang diselenggarakan di SMA Negeri 2 Lubuk Basung, Sumatera Barat.

Di bidang akademik, siswi SMA N 1 Sitiung  juga memiliki banyak prestasi, antara lain Retno Wulandari, Eka Yuliastuti, dan Azizah Gusti Au, yang diasuh oleh Endang Safariyani  berhasil meraih juara pertama dalam LKTI  (Lomba Karya Tulis Ilmiah) 2017 se- Sumatera yang diselenggarakan oleh FMIPA Jurusan Kimia Universitas Andalas 15 Februari 2017.

Prestasi lainnya, Dedi Irawan sukses meraih juara II dalam ajang Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas), yang diselenggarakan oleh Badan Pelestarian Nilai Budaya Regional Sumbar Sumbar, Sumsel dan Bengkulu, di Ogan Kemering Ulu (OKU) pada 10-13 April 2017.

Selanjutnya, Dedi Irawan bersama 2 rekannya akan mewakili provinsi Sumatera Barat dalam ajang yang sama tingkat Nasional di Bengkulu pada 11 Mei 2017.

Selain jago menulis karya ilmiah dan membawakan tari “Ekspedisi Pamalayu”, Dedi juga piawai dalam membacakan puisi. Bulan lalu, siswa kelas XI Bahasa itu berhasil meraih juara I lomba puisi tingkat SLTA se-Kabupaten Dharmasraya, dan mewakili Dharmasraya dalam ajang sejenis tingkat provinsi Sumatera Barat pada Agustus mendatang di Padang.

Reski Ariyandi melengkapi pundi-pundi bintang SMA Negeri 1 Sitiung dengan kesuksesannya dalam ajang Indonesian Student Youth Forum (ISYF) ke-9 sebagai nominasi ke tingkat nasional pada 14 -23 Juli mendatang.

Terpilihnya Reski dalam forum bergengsi itu, setelah menyisihkan 1.000 peserta lebih dalam seleksi bulan April lalu. Dalam seleksi itu, kelas X Mia itu menampilkan artikel sinergi pelajar, dan video pendek dengan tema “Bangga Jadi Indonesia Beragam”.

“Saya mengenal program ISYF dari alumni SMA  tahun lalu, setelah saya bergabung dengannya ternyata forum tersebut sangat bermanfaat bagi penanaman disiplin dan jiwa kepemimpinan dalam diri anggotanya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa dia akan bergabung dengan nominasi lain se-Sumbar untuk mempromosikan nilai-nilai budaya lokal, serta menampilkan tari “Persembahan”. Kegiatan lainnya, semua anggota ISYF akan diperkenalkan dengan beberapa lembaga negara, seperti KPK, DPR RI, dan Sekretariat kepresidenan.

Masih ada bidang lain yang menjadi sumber prestasi bagi civitas akademika SMA Negeri 01 Sitiung. Berkat tangan dingin guru pembimbing “English Debate”, Tri Kartini, M.Pd, Muhammad Irsyad Khairi (17) berhasil mengukir prestasi dalam “National School Debate Championship (NSDC)”. 

Dalam nomor beregu, tim debat SMA Negeri 01 Sitiung masih berada di peringkat ke-11. Namun dalam nomor perorangan, Muhammad Irsyad Khairi mampu meraih peringkat ketiga setelah melalui tiga tahapan seleksi, dari 30 April s/d. 3 Mei 2017 di Padang.

Pria keenam dari sepuluh bersaudara ini akan mewakili provinsi Sumbar pada ajang NSDC tingkat nasional pada 15 Mei mendatang di Jakarta. (MC Dharmasraya/MTh/toeb)