Gubernur Wisuda 1.020 Penghapal Quran se-Kepri

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 5 Mei 2017 | 09:20 WIB - Redaktur: Tobari - 718


Batam, InfoPublik - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mewisuda 1.020 santri penghapal Al-Qur’an (tahfidz), yang berasal dari pesantren dan madrasah di tujuh kabupaten/kota se-Kepri. Sebanyak 575 di antaranya penghapal 5 juz Al-Quran, 196 orang tahfidz 10 juz, 71 orang 20 juz, dan 178 untuk 30 juz.

Gubernur Nurdin dalam sambutannya mengatakan wisuda ini dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat agar berminat menghapal Al-Qur’an. Dan tujuan jangka panjangnya adalah berharap agar masyarakat dapat mengamalkan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan. "Ini sejalan dengan visi misi Presiden, revolusi mental," ujarnya.

Ketua panitia, Tengku Arif Fadillah mengatakan wisuda ini dimaksudkan sebagai upaya pemberian motivasi kepada hafiz hafizah, sehingga ke depan lebih banyak lagi penghapal Qur’an di Kepri.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menyambut baik wisuda santri tahfidz tersebut. Apalagi dalam rombongan wisudawan banyak peserta asal Batam.

"Batam banyak mengirimkan peserta, baik untuk kategori 5, 10, 20, 30 juz. Prinsip yang paling penting, kegiatan wisuda hafuz hafizah ini kita maksudkan untuk apresiasi terhadap anak-anak kita. Sekligus tumbuhkan semangat bagi yang hadir untuk minat terhadap upaya memahami nilai Al-Qur’an," ujarnya.

Menurut Amsakar, kegiatan tahfidz Qur’an ini juga menunjukkan komitmen pemerintah atas visi daerah. Apalagi dengan posisi Kepri sebagai beranda terdepan Indonesia dengan negara tetangga.

"Ini benteng awal tekan angka kriminalitas dan sebagainya. Kalau kembali ke nilai religius, nilai agama, insya Allah otomatis asa pertanahanan diri," kata dia. (MC Batam/toeb)