Budidaya Udang Vaname Mulai Tumbuh di Padang Pariaman

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Jumat, 5 Mei 2017 | 06:20 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 707


Padang Pariaman, InfoPublik - Sumatera Barat memiliki potensi untuk pembudidayaan perikanan khususnya budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei).

Budidaya udang ini salah satu upaya yang ditempuh dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, karena peluang pasar ekspor yang tinggi, cepat tumbuh dan tahan terhadap penyakit.

Potensi lahan tambak untuk usaha budidaya perikanan khususnya budidaya udang vaname ini telah dibuka di Padang Pariman tepatnya di Nagari Tiram Kecamatan Ulakan Tapakis. Pengusahanya adalah Yondra Efendi, seorang pengusaha muda pribumi yang sudah mengembangkan budidaya udang vaname tersebut dimulai tahun 2016 dan sekarang ini ia bersama tim yang beranggotakan sebanyak empat orang berusaha mengembangkan budidaya udang vaname tersebut. 

Kehadiran varietas udang putih atau vaname tidak hanya menambah pilihan bagi petani tambak tetapi juga dapat menopang kebangkitan usaha udang di Provinsi Sumatera Barat.  Lahan yang digunakan merupakan tambak tradisonal yang diperbaiki ke arah intensif dengan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung seperti penambahan kincir air sebagai penambah suplai oksigen, perbaikan tambak sebelum dilakukan penebaran benur udang.