Sambut Ramadhan, Kota Tangerang Targetkan 14 Ribu Kantong Darah

:


Oleh MC Kota Tangerang, Kamis, 4 Mei 2017 | 19:46 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 542


Tangerang, InfoPublik - Palang Merah Indonesia (PMI) cabang kota Tangerang menargetkan 14 ribu kantong darah menjelang dan dalam bulan ramadhan tahun ini. Angka itu naik 2000 dibandingkan tahun sebelumnya.

Guna memenuhi target tersebut, saat ini PMI Kota Tangerang tengah gencar menjemput bola para pendonor di berbagai perusahaan serta pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Kota Tangerang.

"Saat ini kami gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam melakukan donor darah. Sehingga kesadaran mereka terbangun dan mau mendonorkan darahnya, apalagi menjelang puasa saat ini," terang Hasbullah staff pelayanan PMI Kota Tangerang.

Seperti diketahui, di bulan puasa jumlah pendonor akan menurun, terlebih permintaan kantong darah tetap tinggi dan tidak hanya terbatas hanya di wilayah Kota Tangerang, namun juga daerah sekitarnya seperti Depok, Bekasi, Bogor apalagi juga Jakarta.

"Permintaan Jakarta disini mencapai 40 persen. Semua daerah masyarakat kita akan layani," katanya.

Selain itu, ia menjelaskan biasanya PMI Kota Tangerang melayani 300 pendonor, namun menjelang dan memasuki bulan puasa tahun ini kita menargetkan pelayanan hingga 600 kantong darah per hari.

"Hal itu dalam upaya pencapaian target, dengan kita berharap masyarakat pendonor bisa ambil bagian dalam capaian itu," jelasnya ditemui di kantor PMI.

Hasbullah juga menjelaskan, akan menjemput pendonor di sejumlah pusat keramaian yang selama ini juga telah terjalin kerja sama, seperti di Hypermart Gading, TangCity, mal Daan Mogot. 

Untuk TangCity biasanya Selasa, Kamis dan Sabtu dari jam 17-21 selalu rutin kantong darah yang didapat 25-30 kantong darah.

Guna melayani pendonor bisa juga PMI akan melakukan penambahan petugas, yang biasanya empat sampai lima personel. "Kalau banyak pendonornya, kita bisa kerahkan dua bis dengan personel sepuluh," terangnya, Kamis (4/5).

PMI Kota Tangerang optimis capaian target ini bisa tercapai pada hari lebaran minggu kedua. "Kami optimis stok darah hingga lebaran mendatang akan tetap aman."

Salah seorang pendonor, Susi, menjelaskan dirinya rutin mendonorkan darah di PMI kota sesuai dengan petunjuk waktu yang ditentukan. "Selain rutin disini, saya juga terkadang donor darah di mal, sambil jalan-jalan bisa ikut membantu bagi orang yang membutuhkan darah," katanya.