Kodim Blora Selenggarakan Renang Militer di Kolam Tirtonadi

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Kamis, 4 Mei 2017 | 14:01 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Blora, InfoPublik - Seluruh personel Kodim 0721/Blora mengikuti test Kesegaran Jasmani (Garjas) Renang Militer periodik I tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Staf ops Kodim 0721/Blora, yang didukung oleh tim Jasrem 073/Makutarama, di Kolam Renang Tirtonadi Blora, dan kegiatan tersebut wajib diikuti TNI di Kodim Blora. 

Perwira Seksi Operasi Kodim 0721/Blora Kapten Inf Muntoyono mengatakan, sesuai agenda telah dilaksanakan ketangkasan Renang Militer yang diselenggarakan di Kolam Renang Tirtonadi Blora, Rabu (3/5). 

Adapun kemampuan renang merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit guna untuk menunjang Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) dan seleksi pendidikan serta tugas-tugas lain.

“Diharapkan hasil yang kita dapat sangat memuaskan dan tanpa mengesampingkan faktor keamanan terhadap personel dan material,” jelasnya.

Pada pelaksanaan Garjas terdapat beberapa tes fisik yang harus diikuti oleh seluruh peserta, di antaranya Samapta - A  berupa lari sejauh 3.200 meter dengan waktu  yang telah ditentukan sesuai kategori umur. Kemudian dilanjutkan dengan Samapta - B seperti pull-up, push-up, shit-up, dan lari sprint angka delapan.

“Nilai yang nantinya didapat antara Samapta-A dan nilai rata-rata Samapta - B akan digabungkan dan hasilnya dibagi dua. Jika masih terdapat anggota yang nilainya dibawah ketentuan yang telah ditetapkan, maka akan berpengaruh terhadap karier anggota tersebut,” kata Pasi Ops Kapten Inf Muntoyono, di Blora, Rabu (3/5).

Oleh karena itu, setiap prajurit dituntut untuk selalu melakukan pembinaan fisik perorangan di sela-sela pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. (MC Kab. Blora/Teguh/toeb).