Melalui Hardiknas Menuju Pendidikan Yang Maju, Berkualitas, dan Merata

:


Oleh Tobari, Kamis, 4 Mei 2017 | 08:57 WIB - Redaktur: Tobari - 543


Bengkulu, InfoPublik - Pemerintah Kota Bengkulu menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei, dan puncak peringatan Hardiknas tahun ini dipusatkan di halaman Kampus Empat Universitas Muhammadiyah Bengkulu, KM 9, Selasa (2/5) pagi.

Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda yang bertindak sebagai Inspektur upacara saat membacakan teks pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bertemakan Pecepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas mengingatkan sosok penting dalam dunia pendidikan tanah air yakni Ki Hajar Dewantara.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional juga mengacu pada tanggal kelahirannya pada tanggal 2 Mei 1889. Atas Jasa dan pengabdiannya dalam dunia Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara dijadikan sebagai bapak Pendidikan Nasional sekaligus sebagai Pahlawan Nasional.  

"Atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh Insan pendidikan di Kota Bengkulu yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan di Kota yang kita cintai ini," kata Wawali.

Hingga saat ini, gagasan dan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara masih menjadi acuan Visi Presiden di bidang pendidikan. Masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai bidang keterampilan hidup, Vokasi dan Profesi abad 21.

Dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa Bangsa Indonesia berdiri dengan tegak di antara Bangsa-bangsa maju lainnya.

Di akhir pidato, Wawali mengucapkan selamat Hari Pendidikan untuk seluruh lapisan masyarakat yang bergerak di dunia pendidikan. Dia berharap Pendidikan di Bengkulu menjadi semakin maju, berkualitas dan merata. 

"Saya ucapkan selamat memperingati Hardiknas tahun 2017 kepada semua pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, penggiat dan pencinta dunia pendidikan, semoga apa yang telah kita lakukan dalam dunia pendidikan menjadi bagian dari amal ibadah kita," kata Wawali. (MC Kota Bengkulu/Ernel/Budiman/toeb)