Mempawah Sukses Gelar Pilkades Elektronik

:


Oleh MC Kab. Mempawah, Kamis, 4 Mei 2017 | 08:26 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Mempawah, InfoPublik - Kabupaten Mempawah sukses menjadi daerah pertama di Pulau Kalimantan dan kesebelas di Indonesia yang menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara elektronik (e-voting). Berlangsung di lima desa dari tiga kecamatan, Selasa (2/5), pelaksanaan pilkades elektronik perdana berjalan lancar.

Di Kecamatan Anjongan, pilkades berlangsung di Desa Anjongan Dalam. Di Kecamatan Toho, pilkades berlangsung di Desa Kecurit dan Desa Pak Laheng. Di Kecamatan Sadaniang, pilkades berlangsung di Desa Pentek dan Desa Amawang.

Secara keseluruhan, pilkades elektronik akan dilakukan di 20 desa dari delapan kecamatan, minus Kecamatan Siantan.

Sekretaris Daerah Mochrizal yang memantau langsung proses pilkades, berharap penyelenggaraan pilkades berjalan lancar hingga akhir.

“Harapan kita pilkades ini dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai ketentuan yang disepakati bersama,” ujarnya di sela pemantauan.

Menurut Mochrizal, dari hasil pantauannya di lapangan, pilkades serentak bergelombang berjalan lancar dan mendapat respons positif dari warga. Penyelenggaraan pun, kata dia, secara umum berjalan baik.

“Semuanya berjalan lancar baik pemilih, saksi, dan pelaksananya,” ucapnya.

Ia berharap pilkades elektronik yang digelar secara serentak bergelombang untuk kali pertama di Pulau Kalimantan ini menunjukkan pelaksanaan sistem demokrasi yang lebih baik di tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Mempawah.

Dirinya juga berharap sistem elektronik akan dikenal lebih luas lagi oleh seluruh masyarakat.

Terlebih, menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, pilkades elektronik serentak di Kabupaten Mempawah menjadi miniatur sistem pemilihan umum (pemilu) secara nasional.

“Sesuai harapan masyarakat, mudah-mudahan pilkada nantinya bisa seperti ini,” ujarnya berharap.

Sebagai suatu inovasi, Mochrizal berharap ke depan masyarakat hingga level bawah akan dapat memahami aplikasi teknologi informasi dan komunikasi.

Selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat kabupaten, Mochrizal menyebut pihaknya bersama BPPT Jakarta telah melakukan persiapan panjang terkait pilkades serentak. Termasuk pengadaan untuk peralatan e-voting yang ditunjang BPPT.

“Sehingga kita siap dalam pelaksanaan pilkades serentak ini,” katanya menegaskan.

Pelaksanaan pilkades elektronik di Kabupaten Mempawah mendapatkan pengamanan penuh dari kepolisian sektor setempat, yakni Polsek Anjongan dan Polsek Toho.

Pengamanan juga dibantu personel Kepolisian Resor Mempawah dan anggota Komando Distrik Militer 1201 Mempawah melalui Komando Rayon Militer 1201-05 Toho.

Kepala Polsek Toho Inspektur Satu Gatot Poewarno mengatakan pihaknya melakukan pengamanan dengan pola 1:1:2.

“Artinya kita melakukan pengamanan dengan pola satu TPS dijaga satu aparat kepolisian dan dua linmas dengan dibantu aparat TNI dari Kodim 1201 Mempawah melalui Koramil 1201-05 Toho,” ungkapnya didampingi Danramil 1201-05/Toho, Kapten Inf. Sukirman.

Gatot mengungkapkan pelaksanaan pilkades serentak di hari perdana berlangsung aman dan kondusif. (Mc Kab. Mempawah/Kus)