Badan Perpustakaan Jatim Seleksi Pustakawan Terbaik

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 3 Mei 2017 | 18:42 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Surabaya, InfoPublik - Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur, hari ini Rabu (3/5) menyeleksi pustakawan dari tingkat SLTA/SMK, universitas, kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Peserta yang lolos seleksi nanti akan mewakili Provinsi Jatim ke tingkat nasional. Ada tiga tahapan untuk bisa lolos ke babak terakhir. Peserta harus melalui seleksi administrasi, pemaparan dan wawancara, serta seleksi visitasi lapangan.

Ini dikatakan panitia seleksi, Melkion Donald dari Disperpusip Jatim, Rabu (3/5) di Graha Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, Jalan Menur Surabaya, Rabu (3/5).

Dikatakannya, pustakawan adalah profesi yang memiliki kontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita luhur untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tugas dan tanggung jawab pustakawan adalah melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Pemilihan pustakawan berprestasi terbaik ini, antara lain bertujuan memberi penghargaan kepada para pustakawan yang berprestasi terbaik; mengembangkan profesionalisme pustakawan Indonesia; meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja pustakawan.

Selain itu, menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan di antara para peserta; mendorong terjalinnya jaringan kerja sama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta; mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan di lingkup provinsi, nasional dan regional atau internasional.

Kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan lomba sebelumnya, yaitu lomba perpustakaan desa dan lomba perpustakaan sekolah (SLTA) tingkat provinsi yang dilaksanakan 10 April lalu. Dari hasil presentasi dan wawancara ditetapkan lima nominasi.

Adapun dewan juri lomba pustakawan berprestasi, yaitu Kepala Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Unair Rahma Sugihartati, Disperpusip Jatim Melkion Donald, dan Disperpusip Prov Jatim Sugeng Wahyu Ariyadi. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-her)