32 SD Se-Kabupaten Agam Ikuti Lomba Bercerita

:


Oleh MC Kab Agam, Rabu, 3 Mei 2017 | 11:27 WIB - Redaktur: Tobari - 464


Agam, InfoPublik - Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar lomba bercerita tingkat sekolah dasar (SD), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Agam, Kamis (27/4). 

Lomba tersebut dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemkab Agam Mulyadi, SH. di halaman kantor dinas tersebut. 

Staf Ahli Bupati Mulyadi mengharapkan, kegiatan ini bisa meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas serta memotivasi, dan menumbuh kembangkan minat anak usia SD untuk lebih rajin membaca. 

"Ini sesuai dengan salah satu agenda prioritas Pemkab Agam dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021, dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Agam yang Berkeadilan, Inovatif, Sejahtera, Agamais, dan Beradat Menuju Agam Mandiri, Berprestasi yang Madani," katanya. 

Untuk mewujuddkan hal ini, berbagai upaya telah  dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam, mulai dari peningkatan mutu pendidikan, pemenuhan sarana prasarana, pemberian beasiswa, life skill, dan berbagai kegiatan lainnya.

"Lomba bercerita ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan SDM, dan membentuk  kepribadian anak didik," katanya.

Seorang dewan juri lomba berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Dewi Astati, S,Pd, menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan setiap anak bisa lebih mendekatkan diri terhadap buku sebagai gudang ilmu dengan membacanya.

Dalam lomba tersebut, lanjutnya, tiap-tiap peserta akan menyampaikan sebuah alur dongeng yang bersumber dari kearifan lokal masyarakat suku Minangkabau.

Sementara itu, Ketua Pelaksanakan H. Nursiah menyampaikan, 32 peserta tingkat SD dan MI yang mengikuti kegiatan ini merupakan utusan dua orang setiap kecamatan, sementara untuk materi lomba ini adalah cerita rakyat yang berasal dari daerah Kabupaten Agam. 

Cerita yang dilombakan berjudul Asal Mula Minangkabau, Simarasok, Ikan Sakti Sungai Janiah, Ratap si- Upik, dan Batu Batikam.(mc agam/toeb)