Walikota Batam Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid Agung

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 3 Mei 2017 | 09:28 WIB - Redaktur: Tobari - 263


Batam, InfoPublik - Walikota Batam Muhammad Rudi mengajak masyarakat khususnya di wilayah Batuaji dan Sagulung untuk memakmurkan Masjid Agung Sultan Abdurrahmansyah.

"Kami akan jadikan ini masjid percontohan. Terbesar se-Sumatera. Bapak Ibu jangan malas-malas datang ke sini. Saya titip warga sini, mari kita ramaikan. Insya Allah tiga tahun selesai," kata Rudi saat peletakan batu pertama Masjid Agung Batam, Minggu (30/4).

Masjid Agung Sultan Abdurrahmansyah ini terletak di Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji. Lokasinya persis di tepi Jalan Brigjen Katamso, pemisah Kecamatan Batuaji dan Sagulung.

Berdiri di atas lahan seluas 4,2 hektare, masjid dibangun tiga lantai. Total Rp 243 miliar disiapkan untuk membangun masjid tersebut. Pembangunan dilaksanakan dengan sistem tahun jamak hingga 2019 mendatang.

Rudi mengatakan kapasitas masjid bisa mencapai 14.000 jemaah. Dibagi menjadi dua bagian besar yakni ruang utama dan luar gedung atau outdoor. Pada bagian dalam khusus untuk kegiatan ibadah. Sementara untuk kegiatan masyarakat umum dapat dilakukan di bagian outdoor.

"Kita akan jadikan masjid ini dapat pengakuan dunia. Dapat ISO seperti masjid Sultan di Singapura. Kita akan lengkapi fasilitasnya. Seperti di Madinah, semua masjid pakai pendingin, kita juga akan lengkapi itu," kata dia. (MC Batam Kartika/toeb)